Rekomendasi Aplikasi Gudang Terbaik yang Dapat Membantu Tingkatkan Keuntungan Bisnis

- 23 September 2022, 13:53 WIB
Ilustrasi aplikasi gudang
Ilustrasi aplikasi gudang /pixabay/StartupStockPhotos

BAGIKAN BERITA - Sistem persediaan atau inventory merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan, terlebih lagi jika perusahaan tersebut bergerak pada bidang distribusi barang. Pencatatan terhadap jumlah barang keluar, barang masuk, serta barang yang tersedia harus terhitung dengan benar, sedikit kesalahan yang terjadi bisa mengakibatkan kesalahan yang lebih fatal. Kesalahan yang sering terjadi berupa duplikasi data pada barang, kesulitan mencari data yang dibutuhkan, serta kurang akuratnya data yang disimpan.


Atas kepentingan inilah aplikasi gudang digunakan. Hadirnya aplikasi gudang tidak serta merta memenuhi semua kebutuhan yang Anda butuhkan. Beberapa aplikasi ada yang ampuh untuk suatu gudang sehingga membantu pencatatan semua kegiatan di gudang lebih baik, sehingga secara otomatis membantu pencatatan secara keseluruhan. Menjadi keuntungan tersendiri untuk gudang milik toko Anda, menghemat biaya yang ada dengan menggunakan sedikit gudang dalam bentuk fisik.

Aplikasi gudang adalah sebuah perangkat lunak khusus yang dibuat untuk membantu dan mendukung operasi yang ada dalam gudang sebuah perusahaan. Kegiatan ini meliputi pencatatan jumlah barang keluar dan masuk gudang, menyimpan data yang berisi masa kadaluarsa dan nomor seri, serta mencatat mutasi yang terjadi antar gudang dengan stok yang ada di gudang.


Rekomendasi Aplikasi Gudang
Berbagai aplikasi gudang yang tersedia ada yang bersifat gratis ada yang berbayar, namun sayangnya beberapa aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iOS. Namun jika Anda pengguna telepon pintar Android jangan khawatir, ada banyak pilihan aplikasi yang bisa membantu dalam pergudangan Anda sebagai berikut:


1. Mekari Jurnal
Jurnal adalah software environment yang dikembangkan oleh Mekari atau PT Mid Solusi Nusantara. Salah satu software yang berada dalam environment ini adalah software inventory atau software yang membantu Anda mengurusi persediaan barang dagangan di gudang.
Keunggulan aplikasi gudang by Jurnal antara lain, Aplikasi berbasis cloud. Jadi, Anda tidak perlu risau soal pencadangan data, Mendukung integrasi dengan aplikasi atau plugin dari pihak ketiga seperti, KlikPajak, Jurnal Payroll aplikasi kasir dan lain sebagainya. Integrasi dengan dua Shopee dan Tokopedia.


User interface dan fitur pelaporan yang mudah dipahami. Fasilitas edukasi yang lengkap seperti akun demo gratis selama 14 hari dan tutorial yang tersaji ke dalam berbagai format di link berikut https://www.jurnal.id/id/aplikasi-gudang/
Selain itu, Jurnal juga memiliki fitur cross docking. Artinya, Anda bisa memakai satu aplikasi saja untuk banyak gudang. Data keluar masuk barang yang real time.


Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengatur harga dan paket produk khusus yang Anda tawarkan ke konsumen-konsumen tertentu. Biaya langganan software dan aplikasi gudang ini terbilang cukup terjangkau mulai dari Rp. 199.000 per bulan.


2. Inventory Management
Aplikasi dengan tampilan sederhana ini sangat mudah dipahami dan digunakan, cocok untuk Anda sebagai pemula yang membutuhkan aplikasi gudang gratis. Fitur utama yang dimilikinya adalah kemampuan melakukan pencatatan jumlah barang yang akan dijual dan yang dibeli, fitur lainnya berupa mengelola item yang memungkinkan Anda menambah dan menghapus stok barang sesuai kebutuhan. Fitur history digunakan untuk membantu memastikan tidak ada selisih stok dan kesalahan dalam penginputan data.


3. Fishbowl Go
Bisa digunakan dalam semua ukuran bisnis yang ada mulai dari toko kecil, online shop milik pribadi, hingga perusahaan dalam lingkup yang besar. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membaca kode barang, mencatat beberapa pesanan sekaligus, mencetak daftar pengepakan dalam menyelesaikan proses pengemasan, bisa untuk memastikan pesanan yang dikirim ke lokasi tepat dan dalam waktu yang tepat, serta mampu melacak pergerakan produk yang berada dalam gudang dan antar gudang.


Aplikasi ini memiliki fitur Cycle Count yang bisa digunakan untuk memperbarui jumlah produk yang dimiliki dengan memasukkan jumlah baru bersamaan dengan Anda menghitung stoknya secara fisik. Informasi rinci seperti nomor seri, tanggal kadaluarsa produk, suku cadang, bisa dimasukkan dalam hitungan detik menggunakan fitur part information pada aplikasinya.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x