10 Tips Mengatur Uang Buat yang Susah Nabung

- 13 Desember 2022, 18:40 WIB
10 Tips Mengatur Uang Buat yang Susah Nabung
10 Tips Mengatur Uang Buat yang Susah Nabung /Unsplash. Com/

BAGIKAN BERITA -Apakah Anda masih sangat susah untuk mengumpulkan uang dalam celengan atau rekening bank tetapi malah terjebak hutang karena sulit mengatur keuangan?

Padahal memiliki Tabungan sangat penting karena bagaikan payung yang melindungi saat hujan.

Dalam artian, uang itu bisa digunakan, misalnya saat harus operasi gigi geraham, membantu pengobatan mertua, dll.

Baca Juga: Cara Pengajuan KUR BRI untuk Menambah Modal Usaha, Begini Syaratnya

Anda pun mencari tips atur uang agar bisa punya Tabungan sekaligus mencukupkan gaji selama sebulan.

10 Tips Mengatur Uang Buat Si Susah Nabung

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur pengeluaran keuangan agar tidak mudah berhutang dan memiliki tabungan yang mencukupi. Baik untuk keadaan mendesak maupun untuk pendidikan anak:

1. Bagi Uang dalam Beberapa Pos, Pasca Gajian
Setelah menerima gaji maka jangan digunakan untuk beli sepatu mahal karena Anda pasti kelimpungan di akhir bulan. Untuk itu, bagi gaji dalam beberapa pos dan masukkan dalam amplop khusus. Misalnya pos untuk SPP anak-anak, ongkos transportasi atau uang bensin, beli sembako, dll. Jika dibagi langsung pasca gajian maka uang akan cukup selama sebulan, karena diatur dengan sangat teliti.

2. Atur Budget Belanja
Jika Anda suka belanja bahan segar sendiri maka atur budgetnya. Misalnya untuk beli sayur, ikan, dll maksimal hanya boleh Rp50.000 per hari. Dengan pengaturan maka Anda tidak akan belanja berlebihan dan malah hanya menumpuk bahan-bahan mentah di kulkas.

Baca Juga: Inilah Tabel KUR BRI Akhir Tahun 2022, Bisa Cair Rp500 Juta Bisa Daftar Online dan Offline Tanpa Agunan

3. Jangan Termakan Gengsi Belaka
Setelah menerima berlembar-lembar uang gaji yang harum maka apakah Anda langsung membeli barang yang diincar, meski harganya sampai belasan juta rupiah? Jangan ulangi karena ini namanya termakan gengsi. Pastikan benda yang dibeli benar-benar bermanfaat, bukan hanya karena sedang viral atau ikut-ikutan trend.

4. Kendalikan Keinginan Jajan
Tips atur uang yang wajib Anda ingat adalah jangan mudah beli jajanan meski hanya Rp10.000, ketika gaji hanya standar UMR. Ketika beli jajan nyaris tiap hari maka saat dihitung, bisa menghabiskan sampai Rp300.000 per bulan. Padahal lebih baik uang ini ditabung atau diinvestasikan demi masa depan Anda dan keluarga.

5. Beli Barang yang Berkualitas Meski Harganya Lebih Tinggi
Berbeda dengan termakan gengsi, sebenarnya Anda boleh saja beli barang yang mahal. Bedanya, barang ini akan terpakai sampai bertahun-tahun ke depan, misalnya sepatu lari yang memang Anda pakai terus saat weekend. Sepatunya bermutu baik sehingga harganya Rp1.000.000 tetapi bisa dipakai minimal 2 tahun, dan akan hemat jatuhnya.

Baca Juga: Siapkan KTP, Dapatkan Tambahan Modal Usaha hingga Rp50 Juta dari KUR BRI, Begini Syarat Lengkapnya

6. Selalu Menabung Setelah Gajian
Setelah ditransfer uang gaji maka langsung masukkan ke Tabungan khusus. Jadi, Anda wajib punya 2 rekening karena yang satu untuk menampung uang dan tidak boleh diambil, kecuali dalam keadaan yang sangat terpaksa. Tabunglah meski hanya Rp100.000 per bulan dan di akhir tahun uang Anda makin menumpuk.

7. Simpan Uang Koin dalam Celengan
Mau diapakan uang koin yang tercecer di atas meja atau di dalam tas? Jangan sepelekan karena recehan juga punya power saat dikumpulkan. Masukkan ke celengan khusus lalu dalam 1-2 tahun uangnya tersimpan cukup banyak.

8. Prioritaskan Bayar Berbagai Tagihan
Setelah gajian jangan teledor dengan jajan ini-itu, tetapi utamakan bayar berbagai tagihan bulanan. Misalnya untuk SPP anak-anak, bayar tagihan listrik dan air, langganan wifi, dll. Jika Anda tertib dalam bayar tagihan maka keuangan akan aman selama sebulan.

9. Bawa Uang Pas
Saat keluar rumah bawa uang secukupnya saja untuk berbelanja keperluan hari itu. Misalnya sebelum berangkat ke kantor, maksimal bawa Rp 50.000 untuk ongkos transportasi, beli makan siang, dan cadangan. Dengan cara ini maka Anda terhindar dari keinginan belanja di mall setelah pulang ngantor.

10. Belanja di Marketplace Terpercaya
Setelah lihai Mengatur uang maka Anda juga selalu belanja di marketplace terpercaya dan menawarkan barang dengan harga paling murah. Dengan promo gajian dari Blibli maka Anda mendapatkan barang-barang fashion sampai makanan dan harganya sangat terjangkau.

Untuk menerapkan Tips atur uang maka Anda harus disiplin pada diri sendiri dan meniatkan untuk menabung setiap habis menerima gaji.

Selain itu, pastikan uangnya diatur dalam amplop khusus dalam tiap pos pengeluaran.

Anda juga belanja di marketplace seperti Blibli karena ada promo bebas ongkos kirim dan harganya dijamin paling murah, sehingga menghemat budget belanja.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x