BI Jabar Ingin WJES ke-4 Munculkan Strategi dan Inovasi untuk Menemukan Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

- 12 Mei 2023, 14:13 WIB
Kiri-kanan: Ketua ISEI Bandung Koordinator Jawa Barat Martha Fani Cahyandito, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea dan Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi.
Kiri-kanan: Ketua ISEI Bandung Koordinator Jawa Barat Martha Fani Cahyandito, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea dan Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi. /Ahmad Taofik/Bagikanberita.pikiran-rakyat.com

BAGIKAN BERITA – Bank Indonesia bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat kembali menggelar Kick Off - West Java Economic Society (WJES) yang digelar di Balai Pasundan Bank Indonesia KPw Jawa Barat pada Kamis 11 Mei 2023.

WJES merupakan agenda tahunan yang digelar Bank Indonesia bersama ISEI Jabar. Tahun ini, WJES telah memasuki tahun ke-4 dalam penyelenggaraannya dan didukung oleh seluruh komponen stakeholders pentahelix.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja dan Ketua ISEI Bandung Koordinator Jawa Barat Martha Fani Cahyandito. Hadir pula jajaran Forkopimda dan instansi vertikal, pelaku usaha, hingga akademisi di Jawa Barat.

Gelaran WJES ke-4 ini merupakan respon Jawa Barat dalam menghadapi tantangan perlambatan pertumbuhan ekonomi negara-negara maju yang berpotensi memberikan dampak negatif terhadap kinerja ekspor.

Baca Juga: Jadwal SCTV Jumat 12 Mei 2023, Simak FTV, Bidadari Surgamu, Tajwid Cinta, Takdir Cinta Yang Kupilih

Mengambil tema “Meningkatkan Ketahanan Ekonomi melalui Penguatan Ekonomi Domestik dan Perluasan serta Percepatan Digitalisasi”, WJES 2023 menjadi langkah meraih solusi dalam mengantisipasi spillover dampak perlambatan ekonomi negara maju melalui penguatan ekonomi domestik dan percepatan serta perluasan digitalisasi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea menekankan bahwa pelemahan ekonomi global berpotensi menurunkan permintaan ekspor Jawa Barat. Oleh karenanya, diperlukan strategi dan inovasi untuk menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru, termasuk potensi ekonomi dan keuangan syariah, dalam rangka memperkuat struktur ekonomi domestik ke depannya.

Salah satunya, dengan terus memperkuat kinerja sektor industri sebagai penopang perekonomian Jawa Barat dan nasional. Lebih lanjut, sejalan dengan salah satu pilar strategis Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023, yaitu ekonomi digital, dan gelaran Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023, digitalisasi diyakini akan menjadi kunci dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Barat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Nasional dan ekosistem digital.

“Pilar digitalisasi ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan memperkuat 2 pilar strategis dalam keketuaan ASEAN lainnya yaitu pembangunan kembali perkembangan regional, konektivitas, dan persaingan baru; serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ungkap Erwin.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x