PARAH! Gedung DPR Dijual Seribu Perak di Marketplace, Begini Tanggapan Tokopedia dan Shopee

- 7 Oktober 2020, 12:24 WIB
Tangkapan layar penjualan Gedung DPR RI di Tokopedia dan Shopee.
Tangkapan layar penjualan Gedung DPR RI di Tokopedia dan Shopee. /ANTARA

BAGIKAN BERITA - Platform jual beli online dikejutkan dengan adanya unggahan pelapak yang menjual Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Tokopedia. 

Tak main-main, Gedung DPR dijual dengan harga yang sangat murah yakni cuma Rp 1.000 dan Rp 10.000 saja. 

Menanggapi hal tersebut, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan Tokopedia menindak tegas segala penyalahgunaan pada platform Tokopedia. 

Baca Juga: Presiden KSPI: Hampir Satu Juta Buruh Keluar Pabrik Ikut Mogok Kerja Nasional

"Saat ini kami terus menindaklanjuti laporan tersebut sesuai prosedur," ujar Ekhel dikutip Bagikan Berita dari ANTARA, Rabu 7 Oktober 2020. 

Saat memasukkan kata kunci "Gedung DPR" dalam kolom pencarian pada aplikasi Tokopedia, muncul pelapak yang menawarkan penjualan gedung DPR beserta anggota dengan keterangan: "Dijual Gedung DPR beserta Anggota Rp1.000."

Tokopedia menegaskan bahwa pihaknya akan proaktif memantau aktivitas di dalam platform meski mengaku bahwa segala produk di dalam platform diunggah secara mandiri oleh penjual alias user generated content (UGC).

Baca Juga: Hari Ini, Buruh Kembali Demo di Berbagai Daerah Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

"Walau Tokopedia bersifat UGC -- dimana setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri -- aksi proaktif pun terus kami lakukan untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku," kata Ekhel.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x