7 Cara Mudah Mengobati Sariawan, Nomor 7 Paling Gampang

- 10 Desember 2020, 17:30 WIB
7 cara mudah mengobati sariawan
7 cara mudah mengobati sariawan /Ali Bakti/Bagikan berita. Com

BAGIKAN BERITA - Sariawan adalah luka atau peradangan di bibir dan dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Sariawan sering kali dianggap sepele, namun dapat mengganggu saat penderita sedang makan, minum, atau berbicara.  Untuk itu harus diobati secepatnya supaya tidak mengganggu aktifitas kita, berikut bahasannya.

Sariawan merupakan kondisi medis yang dapat terjadi di mulut dan cukup menyakitkan. Area mulut yang akan terserang sariawan biasanya pada bibir, dalam pipi, lidah, dan permukaan gusi.

Baca Juga: Asiiik, Reyna Kembali Kepangkuan Andin dan Aldebaran, Sinopsis Ikatan Cinta Malam ini di RCTI

Kondisi ini kerap muncul dalam bentuk luka di permukaan kulit di dalam rongga mulut gusi. Ukuran sariawan bisa besar atau kecil dan umumnya memiliki warna keputihan atau agak merah.

Sariawan biasanya tidak menular. Sariawan bisa dialami oleh semua orang, tetapi lebih sering dialami oleh wanita, remaja, dan anak-anak. Penyebab pasti munculnya sariawan belum diketahui hingga saat ini.

Namun, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang, kondisi ini juga dapat terjadi saat Anda sedang stres.

Baca Juga: Polisi Cekal Habib Rizieq Shihab dan 5 Pimpinan FPI Tidak Boleh ke Luar Negeri

Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Melansir Medical News Today, sariawan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah