Catat! Inilah Perbedaan Sesak Nafas Karena Asma dan Sesak Nafas Karena COVID-19

- 4 Maret 2021, 13:42 WIB
Catat! Inilah Perbedaan Sesak Nafas Karena Asma dan COVID-19
Catat! Inilah Perbedaan Sesak Nafas Karena Asma dan COVID-19 /Pexels/Alexandr Podvalny

 BAGIKAN BERITA-Di masa pandemi covid-19 ini bagi yang mempunyai penyakit asma pasti lebih khawatir apabila ada orang terdekat terpapar Covid-19.

Pasalnya penyakit asma salah satu penyakit penyerta yang paling rentan apabila terjangkit covid-19.

Seperti diketahui sesak nafas merupakan salah satu gejala yang muncul saat seseorang terinfeksi COVID-19.

Baca Juga: Buntut Isu Kudeta, Ketum Demokrat AHY Dipolisikan Marzuki Ali, Kuasa Hukum: Klien Kami Merasa Difitnah

Tetapi asma juga merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Lalu, apa perbedaan sesak nafas karena COVID-19 dan asma?

Menurut Yayasan Asma dan Alergi Amerika Serikat (Asthma and Allergy Foundation of America /AAFA, memang terdapat beberapa gejala serupa di antara penyakit pernapasan ini.

Sementara itu lama gejala sesak nafas bagi pengidap asma bisa berlangsung dalam jangka waktu singkat hingga berjam-jam. Sementara, sesak nafas karena virus corona (ringan hingga sedang) mencapai 7-25 hari.

Baca Juga: Waduh! Militer Myanmar Siap Diberi Sanksi dan Isolasi oleh PBB: Kami Terbiasa dengan Sanksi, dan Kami Selamat

Sedangkan sesak napas pada pengidap asma napas disertai dengan batuk dan mengi, sedangkan gejala COVID-19 tidak. Selanjutnya, mereka yang terinfeksi COVID-19 jarang diawali oleh sesak napas, melainkan lebih ke sakit kepala, meriang, tidak enak badan, demam, nyeri pada sendi, hingga kehilangan indera penciuman.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x