Sering Mengetik di Laptop dan HP Menimbulkan Rasa Nyeri Pada Jari dan Tangan, Lakukan Hal Ini Agar Normal Lagi

- 1 Juni 2021, 23:31 WIB
Sering Mengetik di Laptop dan HP Menimbulkan Rasa Nyeri Pada Jari dan Tangan, Lakukan Hal Ini Agar Normal Kembali
Sering Mengetik di Laptop dan HP Menimbulkan Rasa Nyeri Pada Jari dan Tangan, Lakukan Hal Ini Agar Normal Kembali /Pexels/Ivan Samkov

BAGIKAN BERITA-Sering mengetik di keyboard laptop maupun handphone kadangkala membuat jari dan tangan kita jadi sakit dan juga kram.

Untuk menghindari rasa nyeri pada jari setelah lama mengetik dikeyboard laptop dan HP, dapat dihindari dengan peregangan secara berkala dan teratur.

"Lakukan peregangan tersebut setiap satu jam atau lebih cepat jika dirasakan sudah menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun bilamana rasa nyeri itu sudah terjadi tentunya penanganannya akan membutuhkan perhatian lebih,” kata Spesialis kedokteran olahraga Dr. Michael Triangto, SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) dalam siaran resmi, Selasa.

Baca Juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Meradang Terkait Pelanggaran SOP di Faskes: Pasien Covid Kok Ditunggui Teman

Lebih lanjut menurut dr. Michael, keluhan kaku dan nyeri pada jari-jari dan tangan akibat terlalu lama memakai HP dapat terjadi pada sore dan malam hari, kemudian membaik keesokan harinya, namun bisa kembali kambuh pada siang hari.

Sementara itu orang yang mengabaikan keluhan itu bisa jadi sampai terpaksa menggunakan jari-jari telunjuk untuk menekan tombol-tombol pada telepon genggamnya akibat nyeri yang terjadi sehingga mengakibatkan kesulitan dalam bekerja.

Sedangkan Dalam jangka panjang keluhan tersebut dapat meluas ke daerah lengan, bahu dan bahkan leher.

Baca Juga: Inilah 5 Bahaya Sering Konsumsi Minuman Berenergi, Nomor 4 Paling Bahaya

Jangan terlalu lama menunggu hingga kondisi parah sebelum berkonsultasi dengan dokter, proses penyembuhan pun akan semakin sulit dan panjang.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x