Cara Mudah Turunkan Kolesterol Setelah Seharian Makan Makanan Bersantan dan Berlemak Seperti Opor Ayam

- 2 Mei 2022, 19:00 WIB
cara menurunkan kadar kolesterol setelah makan makanan berlemak seperti opr ayam saat lebaran
cara menurunkan kadar kolesterol setelah makan makanan berlemak seperti opr ayam saat lebaran /Tangkap layar kanal YouTube tri pujis/

BAGIKAN BERITA-Hari raya Idul Fitri atau lebaran identik dengan menyantap ketupat dengan makanan berlemak seperti opor ayam, rendang dan sambal goreng ati yang membuat kolesterol tinggi.

Sajian lebaran seperti opor ayam, rendang dan sambal goreng ati merupakan makanan dengan kadar lemak yang tinggi sehingga bisa memicu kolesterol tinggi apabila tidak bisa mengontrolnya,


Padahal jika kolesterol melonjak setelah makan opor ayam dan rendang yang berlebihan pastinya momen yang biasa dimanfaatkan untuk silaturahmi saat momen lebaran ini bakal ikut terganggu, bahkan berisiko menimbulkan serangan jantung atau stroke.

Baca Juga: Tips Mudah Turunkan Kolesterol Setelah Makan Opor Ayam dan Rendang Saat Lebaran

Saat ini, banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol di hari raya lebaran yang penuh kemenangan ini.

Seperti mengatur pola makan selama lebaran, memperbanyak minum air putih, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.

Apabila perubahan gaya hidup tidak mampu menurunkan kadar kolesterol, kita juga bisa mengonsumsi minuman susu dengan sari buah yang mengandung plant stanol ester yang teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 7-10% setelah konsumsi 2 botol sehari secara rutin langsung setelah makan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 13 Tanda Seseorang Mengalami Masalah Kesehatan Mental, Salah Satunya Merasa Putus Asa


Dikutip dari keterangannya pada Selasa, dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk dr. Sheena R. Angelia, M.Gizi, SpGK mengakui sejumlah hidangan yang biasa disajikan di hari lebaran memang bisa memicu lonjakan kolesterol.

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol," kata Sheena.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x