Wajib Tahu! Inilah 13 Tanda Seseorang Mengalami Masalah Kesehatan Mental, Salah Satunya Merasa Putus Asa

- 26 April 2022, 20:49 WIB
13 tanda anda memiliki Kesehatan mental
13 tanda anda memiliki Kesehatan mental /UNSPLASH/@emilyunderworld

BAGIKAN BERITA-Menurut WHO, kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang dimiliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya.

Dengan begitu Kesehatan mental adalah dasar yang penting bagi seseorang karena kesehatan mental akan memengaruhi bagaimana seseorang memandang dirinya, lingkungan, dan memahami lingkungan sekitar.

Selain itu Kesehatan mental atau mental health juga bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari, hubungan, dan kesehatan fisik.

Baca Juga: Mau Mudik? Inilah 5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Perjalanan Mudik agar Tetap Bugar

Kondisi kesehatan mental ini mengacu pada kognitif, perilaku, dan kesejahteraan emosional.

Seperti dilansir dari laman Medical News Today, orang terkadang menggunakan istilah kesehatan mental berarti tidak adanya gangguan mental.

Meskipun begitu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan bahwa kesehatan mental adalah lebih dari sekedar tidak adanya gangguan mental atau cacat.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

"Kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya," sebut WHO.

Setiap orang memiliki beberapa risiko terkena gangguan kesehatan mental, tidak peduli usia, jenis kelamin, pendapatan, atau etnis mereka.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x