Waspadalah! Inilah 5 Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa,dan Tips Cara Mengatasinya

- 3 April 2022, 22:52 WIB
Ilustrasi perempuan yang mengalami gangguan pencernaan/Ingin Puasa Ramadhan 2022 Anda Lancar? Hindari 5 Gangguan Pencernaan dengan Cara ini
Ilustrasi perempuan yang mengalami gangguan pencernaan/Ingin Puasa Ramadhan 2022 Anda Lancar? Hindari 5 Gangguan Pencernaan dengan Cara ini /Pixabay / Saranya7.

BAGIKAN BERITA-gangguan pencernaan saat menjalankan ibadah puasa pastinya sangat menggangu.

Oleh karena itu segera dijaga asupan makanan terutama saat makan sahur maupun saat buka puasa agar tidak mengalami gangguan pencernaan.

Saat menjalankan ibadah puasa terdapat beberapa gangguan pencernaan yang bisa saja terjadi saat berpuasa dan cara mencegahnya.

Baca Juga: Manfaat Kurma yang Jarang Diketahui Jadi Makanan Pembuka Terbaik Saat Buka Puasa, Inilah Manfaatnya

1. Mual dan Muntah

Gangguan pencernaan saat puasa dan cara mencegahnya yang pertama adalah mual dan muntah. Kondisi ini terjadi ketika habis berbuka lantaran terlalu banyak menyantap hidangan berbuka puasa.

Apalagi jika hidangan tersebut terdiri dari makanan yang berminyak, berlemak dan tinggi gula. Cara mencegahnya, yaitu jangan terlalu banyak makan saat berbuka dan perbanyaklah air putih.

2. Sembelit
Gangguan pencernaan saat puasa dan cara mencegah yang kedua adalah sembelit. Hal itu terjadi akibat kurang mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, termasuk air putih, selama bulan puasa.

Baca Juga: Daftar 13 Makanan yang Bisa Meningkatkan Fungsi Otak Menurut dr. Zaidul Akbar, Ada Alpukat hingga Kismis

Cara mencegahnya yaitu perbanyak makanan berserat dan air putih agar feses dalam saluran menjadi padat.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x