Siapa Sangka, Botol Plastik Bisa Didaur Ulang Jadi Kasur yang Berkualitas

- 19 Maret 2022, 11:06 WIB
Ilustrasi  Spring bed
Ilustrasi Spring bed /sensopur/Pixabay

BAGIKAN BERITA-Upaya manusia di era modern saat ini untuk melebur limbah plastik terus berkembang. Jika selama ini Anda hanya tahu limbah plastik dapat didaur ulang menjadi barang rumah tangga biasa atau produk fashion, siapa sangka sekarang limbah plastik bisa menjadi kasur.

Ya, limbah plastik berupa botol plastik bekas pakai yang setiap harinya ada dapat diolah menjadi barang berdaya guna. Kasur menjadi terobosan yang cukup unik dalam pengolahan daur ulangnya.

"Jadi, botol plastik bekas pakai yang didaur ulang kini bisa menjadi helaian benang yang halus menyerupai benang cotton alami yang disebut Recycle Polyester Yarn," kata Bapak Richard Pondaag selaku Brand Manager ALGA dalam keterangan resminya, Jumat 25 Februari 2022.

Baca Juga: Tatacara Daftar Online KUR BNI Cair hingga Rp500 Juta, Siapkan 8 Syarat Ini dan Lengkapi 2 Dokumennya

Dimulai dengan pengumpulan botol plastik bekas pakai di seluruh dunia, kemudian dicuci, dicincang, dan dilebur untuk membentuk kepingan.

Nah, dari kepingan itulah yang akhirnya diekstruksi dan menciptakan benang berkualitas tinggi dengan memberikan efek breathable yang baik. Kain yang berasal dari botol plastik daur ulang yang diberi nama EVERLIFE itu merupakan hasil kolaborasi dari 2 produsen kelas dunia, LAVA TEXTILE sebagai perusahaan kain dari Belgia dan REPREVE sebagai brand penghasil benang serat daur ulang.

Dalam penggunaan kain untuk matras kasur ukuran 180 x 200, Bapak Richard menjelaskan memerlukan kurang lebih 47 botol plastik bekas pakai.

Baca Juga: dr. Zaidul Akbar Bongkar Efek Gula Pasir yang Kurang Baik untuk Tubuh dan Solusi Penggantinya

"Upaya ini diharapkan dapat perlahan menyelamatkan bumi tercinta dari pencemaran lingkungan dan limbah plastik," terang Richard Pondaag.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah