5 Tips Atasi Masalah Gangguan Pencernaan pada Tubuh Anda, Salah Satu Diantaranya Adalah Selalu Cuci Tangan

- 5 April 2022, 08:15 WIB
Berikut 5 tips atasi masalah gangguan lencernaan pada tubuh anda, salah satu diantaranya adalah selalu mencuci tangan
Berikut 5 tips atasi masalah gangguan lencernaan pada tubuh anda, salah satu diantaranya adalah selalu mencuci tangan /pexels.com/

BAGIKAN BERITA - Inilah 5 tips agar tubuh anda terhindar dari masalah kesehatan gangguan pencernaan.

Masalah pencernaan kerap kali hadir pada tubuh seseorang. Pemicunya ada beberapa faktor yang menyebabkan kesehatan pencernaaan sedikit terganggu.

Kurangnya menjaga kesehatan tubuh dan menyayangi organ pencernaan anda membuat masalah ini sering kali menghampiri ke tubuh anda.

Baca Juga: Waspadalah! Inilah 5 Gangguan Pencernaan Saat Berpuasa,dan Tips Cara Mengatasinya

Jika tak segera diatasi, tentunya ini akan menjadi masalah yang kurang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Ada baiknya juga, anda selalu tetap memelihara kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan serta kebersihan.

Berikut Bagikanberita.com telah merangkum untuk anda yang mengutip dari PMJ News.com mengenai 5 tips menghindari masalah gangguan pencernaan di tubuh anda.

1. Selalu cuci tangan

Direktur medis The Fleet Street Clinic, Richard Dawood menyebut virus, dan bakteri yang menyebabkan infeksi gastrointestinal disebarkan oleh makanan, air, atau tangan yang terkontaminasi. Sehingga dia menekankan kebersihan tangan sangat penting.

Baca Juga: Manfaat Kurma yang Jarang Diketahui Jadi Makanan Pembuka Terbaik Saat Buka Puasa, Inilah Manfaatnya

"Mengetahui apa yang telah Anda sentuh, dan pastikan untuk mencuci tangan atau menggunakan sanitiser segera sebelum memegang makanan atau memasukkan tangan ke mulut Anda," kata Richard.

2. Jangan mengandalkan Hand Sanitizer

Gel hand sanitizer berguna untuk mencegah penularan Covid-19, tetapi belum tentu menghalau penyebab sakit perut. Hand sanitizer berbahan dasar alkohol tidak efektif melawan norovirus yang menjadi penyebab umum penyakit diare.

"Pastikan Anda menggunakan sabun daripada hand sanitizer bila memungkinkan," ucap Deborah Lee dari Dr Fox Online Pharmacy.

Baca Juga: Tips Menjalankan Puasa agar Tidak Cepat Lapar, Haus dan Lemas di Bulan Ramadhan

3. Jangan tidur di seprai kotor

Lee memperingatkan jarang mencuci seprai dapat menyebabkan penyakit. Ia menyebut tempat tidur lembab mengandung tungau debu, kulit yang mengelupas, sisa-sisa tubuh lainnya, dan kontaminasi feses.

Hal itu menyediakan lingkungan yang nyaman bagi bakteri dan virus untuk tumbuh dan berkembang biak.

"Gantilah seprai Anda seminggu sekali, atau lebih sering jika Anda membiarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur Anda. Jika Anda menderita asma atau alergi, Anda harus mencuci seprai setiap tiga hingga empat hari sekali," terang Lee.

4. Hati-hati dalam penyiapan makanan

Direktur medis Healthspan, dokter Sarah Brewer, mengingatkan bahwa dapur berpotensi menjadi sarang serangga. Ia menyarankan untuk menghindari makanan yang belum dimasak atau dipanaskan kembali secara menyeluruh dan makanan yang ditinggalkan hingga dihinggapi lalat.

Baca Juga: Daftar 13 Makanan yang Bisa Meningkatkan Fungsi Otak Menurut dr. Zaidul Akbar, Ada Alpukat hingga Kismis

"Faktor risiko lain termasuk tidak membersihkan permukaan dapur dengan benar dan tidak menghentikan hewan peliharaan berjalan di atas permukaan dapur," kata Sarah.

5. Hindari konsumsi daging mentah dan makanan beresiko

Dokter Lee menyebut kegiatan barbekyu dan piknik bisa menyebabkan gastroenteritis. Ini karena bakteri E.coli dan campylobacter dapat timbul dari daging yang dimasak tak matang sepenuhnya.

Oleh karena itu, Lee menyarankan untuk mencuci tangan setelah menyentuh daging mentah dan menjauhkan daging dari makanan lain.

"Pilihan yang baik adalah memasak daging di dalam oven dan menuntaskannya di atas panggangan, lalu Anda tahu itu telah matang di tengahnya," ungkap Lee.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 5 April 2022 untuk Daerah Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya

Selain itu, dokter Lee memperingatkan sejumlah makanan berikut beresiko bisa meningkatkan risiko gastroenteritis dari bakteri dan virus.

"Sushi dan makanan laut mentah; keju lunak dan keju biru; telur mentah atau setengah matang; daging olahan; jus atau sari buah apel yang tidak dipasteurisasi; dan air dari sungai dan sumur luar," katanya.

Demikianlah 5 tips hindari masalah gangguan pencernaan di tubuh anda, semoga bermanfaat.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x