Tips Makan Daging Kurban Tanpa Khawatir Kolesterol

- 9 Juli 2022, 15:22 WIB
Tips Makan Daging Kurban Tanpa Khawatir Kolesterol
Tips Makan Daging Kurban Tanpa Khawatir Kolesterol /Pixabay/Ikhlas_Sabilly /

BAGIKAN BERITA - Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban identik dengan menyantap daging kambing dan juga daging sapi.

Olahan daging kurban yang melimpah biasanya dibuat menu olahan seperti sate, tongseng maupun sop yang dibuat dari olahan daging kambing dan daging sapi.

Setelah makan daging kambing ataupun makan daging sapi biasanya banyak yang mengeluh dengan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Ga Nyangka! Ternyata 5 Bahan Alami atau Tanaman Herbal Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

Menurut Subkoordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Intan Annisa Fatmawaty, selain dari makanan, kolesterol juga sebenarnya diproduksi dalam tubuh kita.

"Kalau ada yang kolesterolnya tinggi, itu bisa diakibatkan karena adanya gangguan metabolisme dalam tubuh atau memang asupan makanannya mengandung kolesterol tinggi terlalu banyak,"katanya.

Lebih kanjut Intan mengatakan, Faktor naiknya kolesterol memang diakibatkan dari makanan. Biasanya makanan dari daging yang mengandung banyak lemak serta bahan olahannya yang menggunakan santan dan minyak berlebih, diakui Intan menjadi faktor kolesterol kerap naik saat Iduladha.

Baca Juga: Link Twibbon dan Bingkai Foto Idul Adha 1443 H, Cocok untuk Status WA, FB, IG, Twitter

"Kalau memang punya kolesterol atau tidak ingin kolesterolnya meningkat, bisa konsumsi bagian daging tertentu seperti daging has. Dari proses pengolahan juga bisa dicari alternatif memasak dengan cara lain,"katanya..

Selain itu, ternyata kolesterol pun bisa naik diakibatkan trigliserida yang banyak ditemukan pada makanan olahan tepung.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x