Ciri Daging Ayam Yang Segar dan Sehat

- 23 September 2022, 14:47 WIB
Tips memilih daging ayam segar.
Tips memilih daging ayam segar. /pixabay.com/Lebensmittelfotos

BAGIKAN BERITA- Daging ayam menjadi olahan paling banyak ditemui di masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkan daging ayam yang baik tentu dimulai dari tempat jual ayam yang higienis dan terpercaya, karena daging yang segar tentu akan membuat masakan terasa nikmat.


Jika kamu salah satu orang yang suka dengan daging ayam, maka ada beberapa ciri yang harus kamu ketahui ketika membeli daging ayam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri daging ayam yang masih segar, diantaranya:


1.Warna dagingnya biasanya putih kemerahan
Warna daging ayam menjadi petunjuk apakah ayam tersebut masih segar atau sudah mulai membusuk. Untuk mendapatkan ayam yang sehat, hindari daging yang berwarna kuning dan sedikit hijau. Sebaiknya, rekomendasikan daging putih, sedikit krim merah karena kualitas ayamnya bagus.


2. Tektur Kenyal
Seperti halnya daging sapi, daging ayam yang segar dan dikatakan baik dan sehat memiliki tekstur yang kenyal saat ditekan. Jadi, setiap kali kamu berada di pasar dan ingin membeli ayam, pastikan kamu menekan daging ayam, jika kembali ke posisi semula dan tidak ada tanda-tanda lunak, berarti kamu telah memilih daging yang tepat dan ini adalah jenis ayam yang bisa dibeli.
Tapi jika kamu menemukan ciri yang sebaliknya, maka dapat dipastikan daging ayam tersebut sudah tidak segar, dan jika dimasak tentu memiliki aroma yang tidak sedap, sehingga mengganggu selera maan kamu.


3. Kulit ayam kering dan tidak berlendir
Saat memilih daging ayam dengan kualitas yang baik maka dapat kamu lihat dari kulit ayam tersebut.jika kulit tersebut kering dan tidak mengeluarkan lendir maka dapat dipastikan bahwa daging ayam tersebut masih dalam kondisi baik.


4.Tidak ada Memar
Ciri daging ayam yang masih segar selanjutnya adalah tidak ada warna kemerahan didalam daging tersebut. Kamu bisa perhatikan daging ayam yang kamu pilih, apakah dalam daging tersebut ada memar atau warna kebiruan.
Jika hal tersebut terlihat, tandanya daging ayam tersebut sudah tidak segar dan kamu harus menghindari daging tersebut untuk dikonsumsi. Bahkan ketika kamu mendapatkan harga yang murah.


5. Berserat halus
Daging ayamnya yang masih kualitas baik dapat dilihat dari serat daging. Ciri serat yang halus tentu mudah dikunyah dan digiling, mudah dicerna dan memiliki tekstur yang lembut. Ciri-ciri ayam yang baik dan sehat adalah lemaknya yang baik dan ketika dipotong masih keluar darah. Kamu tidak perlu khawatir jika ayam masih mengeluarkan darah saat disayat atau dipotong.
Sehingga ketika kamu ke pasar tempat jual ayam, maka sebaiknya perhatikan serat dari daging ayam tersebut. Sehingga kamu tidak akan kecewa ketika mengolahnya atau menyantapnya.

6. Tanpa lemak atau serat
Ciri ayam yang baik adalah tidak ada lemak di antara serat dagingnya, meskipun daging ayam sendiri masih merupakan makanan yang kaya akan lemak. Jadi, berhati-hatilah saat memotong ayam. Untuk alasan kesehatan, hindari ayam yang memiliki lemak di tengah dagingnya.


7. Bau ayamnya tidak menyengat
Ciri daging ayam yang sehat dan masih segar tidak akan mengeluarkan bau ayam yang menyengat. Malah sebaliknya, daging ayam yang masih segar dan sehat ditandai dengan aroma khas ayam segar. Hindari memilih ayam yang baunya tidak sedap.
Jangan sungkan dan malu ketika kamu membeli daging ayam dan menciumnya, karena kamu harus memastikan daging ayam tidak berbau busuk atau sudah tidak segar. Jika menemukan daging seperti itu sebaiknya jangan dibeli, karena pasti akan mengecewakan ketika kamu memasaknya.


Itulah 7 ciri-ciri daging ayam yang masih segar dan layak untuk dikonsumsi. Karena kesegaran dan kebersihan daging ayam menjadi syarat mutlak jika ingin hasil masakan kamu memiliki cita rasa yang nikmat, dan pastinya tidak mengecewakan keluarga.
Ciri-ciri tersebut tentu tidak akan kamu temui jika kamu membeli di tempat jual ayam yang terjamin kualitas dan kebersihannya. Hampir disetiap tempat ada yang menjual daging ayam, tetapi tahukah kamu dimana tempat membeli daging ayam yang terjamin kualitasnya.

Salah satu rekomendasi yang diberikan adalah dengan berbelanja melalui aplikasi Sayurbox. Kemajuan teknologi membuat kamu tidak harus turun ke pasar yang kotor dan becek. Dengan menggunakan teknologi kamu bisa berbelanja dengan praktis.


Tak hanya itu, salah satu keunggulan adalah fitur Sayurkilat, dimana kamu akan mendapatkan daging ayam yang kamu beli tidak akan lebih dari 1 jam. Artinya daging ayam yang kamu beli akan diterima dalam keadaan segar dan higienis.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x