Inilah 5 makanan dengan Indeks Glikemik Rendah untuk Kontrol Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

- 1 Juli 2023, 21:03 WIB
Kamu Harus Tahu, Inilah 5 makanan dengan Indeks Glikemik Rendah untuk Kontrol Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes
Kamu Harus Tahu, Inilah 5 makanan dengan Indeks Glikemik Rendah untuk Kontrol Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes /Ilustrasi/

BAGIKAN BERITA-Diabetes melitus atau penyakit kencing manis ternyata banyak menimbulkan penyakit turunannya seperti penyakit jantung, kerusakan ginjal, kerusakan saraf, dan juha masalah penglihatan.

Seperti diketahui di Amerika Serikat terdapat lebih dari 34 juta orang yang menderita penyakit diabetes, terdiri atas 10,5 persen populasi yang mayoritas menderita diabetes tipe 2.

Ternyata memakan makanan glikemik tinggi seperti roti putih dan oat gulung dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Namun, membuat pilihan sadar dan memilih makanan rendah glikemik dapat membantu membalikkan situasi ini dengan berkurangnya kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Turunkan Kolesterol Setelah Makan Daging Kurban di Idul Adha

Inilah contoh makanan glikemik rendah yang dapat secara efektif membantu mengelola kadar diabetes Anda.

1. Ubi jalar

Ubi jalar bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, tetapi penting untuk menikmatinya dalam jumlah sedang. Sayuran lezat ini dikemas dengan vitamin, antioksidan, dan mineral yang menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Ubi memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan kenaikan tajam kadar gula darah. Plus, ubi mengandung magnesium dan serat, yang dapat membantu meningkatkan resistensi insulin dan menjaga gula darah tetap stabil.

2.. Bubur oat

Semangkuk penuh bubur oat memiliki skor glikemik yang jauh lebih sedikit. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, oatmeal, yang dibuat menggunakan oat potong baja, membantu mengatur kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x