Kelakuan Setan, Alasan Mengapa Nabi Muhammad Larang Keras Umatnya Memakai Sendal Seperti Ini

- 25 Desember 2020, 08:54 WIB
Kelakuan Setan, Alasan Mengapa Nabi Muhammad Larang Keras Umatnya Memakai Sendal Seperti Ini
Kelakuan Setan, Alasan Mengapa Nabi Muhammad Larang Keras Umatnya Memakai Sendal Seperti Ini /Hendra Karunia/Bagikan Berita

BAGIKAN BERITA - Tidak banyak yang tahu cara memakai sendal seperti ini ternyata kelakuan setan. Nabi Muhammad bahkan melarang keras umatnya memakai sandal seperti di bawah ini.

Tujuan utama kita menggunakan sandal yakni untuk menghindari kaki kita menginjak kotoran atau najis. Dari alasan tersebut, Islam mengatur adab-adab memakai sandal.

“Janganlah kalian berjalan menggunakan satu sandal. Hendaknya kedua sandal tersebut dilepas atau keduanya dipakai,” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: 4 Hal yang  Harus Diperhatikan Ketika Akan Berangkat ke Masjid Untuk Sholat Berjamaah

Kondisi ini dilarang keras oleh Nabi Muhammad SAW kepada kita sebagai umatnya ketika sendal yang kita pakai putus talinya sebelah.

Maka dari keterangan hadis tersebut, sebaiknya kita melepas semuanya atau segera memperbaiki dan memakai keduanya kembali. Jangan dipaksakan menggunakan sandal sebelah. Karena larangan salah satu adab memakai sandal yakni jangan memakainya sebelah.

Rasululloh SAW bersabda “Jika tali sandal kalian copot maka janganlah berjalan dengan satu sandal sehingga memperbaiki sandal yang rusak,” (HR muslim)

Baca Juga: 7 Peristiwa Penting di Hari Jumat, Nomor 4 Jangan Dilupakan

Alasan larangan menggunakan satu sandal ini karena akan memperburuk diri sendiri, misalnya menimbulkan kesulitan saat berjalan, hingga menyebabkan terpeleset.

“Sesungguhnya setan berjalan dengan satu sandal,” (HR Atu Thahawi). ***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x