Mengenal Fakta Unik Alquran yang Tidak Diketahui Banyak Orang

- 26 Desember 2020, 11:36 WIB
Ilustrasi alquran/ Pixabay
Ilustrasi alquran/ Pixabay /

BAGIKAN BERITA - Ditinjau dari segi istilah, Alquran berarti kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat, dan disampaikan dengan jalan mutawatir dari Allah SWT atas perantara malaikat jibril. Membaca Alquran juga dinilai sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Selain itu,  Alquran kerap disebut juga sebagai Al-Furqan, At-Tanzil, Adz-Dzikr, dan Al-Kitab. Allah SWT. telah memberikan sifat-sifat yang luhur kepada Alquran, seperti nur (cahaya), hudan (petunjuk), rahmat, syifa' (obat), mau'izhah (nasihat), 'aziz (mulia), mubarak (yang diberkahi), basyir (pembawa khabar baik), nadzir (pembawa khabar buruk) dan sifat-sifat lain yang menunjukkan kebesaran dan kesuciannya.

Beberapa surat dalam Alquran memiliki nama lebih dari satu? Sebut saja surat At-Taubah yang juga dinamakan surat Baraa-ah, surat Al-Israa’ yang juga dinamakan surat Bani Israil, surat Faathir yang juga dinamakan surat Al-Malaaikah, serta surat Al-Insaan yang juga dinamakan surat Ad-Dahr.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini Sabtu 26 Desember 2020, Saksikan Drama Musikal: Kawal Sampai Halal

Keempat surat tersebut di atas adalah contoh surat Alquran yang memiliki dua nama. Sementara itu, surat Fushshilat dan Al-Mu’min memiliki tiga nama. Surat Fushshilat juga dinamakan sebagai surat Haa dan Miim As-Sajdah.

Sedangkan surat Al-Mu’min juga dinamakan surat Ghafir dan Ath-Thaul. Jadi Anda tidak harus bingung karena nama-nama tersebut memang ditujukan untuk menyebut satu surat yang sama.

Selain itu di surat At-Taubah tidak diawali kalimat basmallah? Hal tersebut dikarenakan surat At-Taubah adalah pernyataan perang yang mengajak segenap kaum muslim untuk memerangi seluruh kaum musyrikin.

Penggunaan kalimat basmallah dinilai tidak cocok di awal surat ini karena kalimat tersebut bernafaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

Baca Juga: Borong Belanjaan, Andin Dimanja Habis Aldebaran sang Sultan Kaya Raya di Ikatan Cinta

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x