Mengagumkan, Anggota Brimob ini Menciptakan Pupuk Cair Pertanian, Dipasarkan Hingga ke Jepang

- 13 Maret 2021, 13:24 WIB
Anggota Brimob Polda Sulawesi Selatan, Ipda Purwanto membuat inovasi dengan membuat pupuk tani cair.
Anggota Brimob Polda Sulawesi Selatan, Ipda Purwanto membuat inovasi dengan membuat pupuk tani cair. /PMJNews/

BAGIKAN BERITA - Personel Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Ipda Purwanto membuat trobosan dan berinovasi menciptakan sesuatu yang bermanfaat disela kesibukannya sebagai anggota kepolisian.

Ia membuat sebuah pupuk tani cair guna mendukung pertanian warga sekitar dan lebih jauh bisa dipakai seluruh Indonesia. Pupuk yang ia ciptakan bernama Bio Teratai.

Hasil terobosan dirinya ini bahkan jaringannya pun begitu luas. Ipda Purwanto menuturkan, bahwa pupuk inovasinya  dirinya sudah dikembangkan dan progresnya selama tiga tahun itu sudah digunakan hampir seluruh Indonesia, dan paling jauh hingga digunakan ke negeri sakura Jepang.

Baca Juga: Inilah Data-data Kejadian Bencana di Indonesia, 275 Meninggal Dunia dan 4.115.509 Jiwa Mengungsi

Baca Juga: Tidak Hanya Aurel dan Atta Halilintar, Inilah Daftar Artis yang Pernikahannya Disiarkan Secara Langsung TV

"Pupuk teratai ini sudah saya buat selama tiga tahun dan Alhamdulillah telah menyebar di seluruh Nusantara, dan bahkan sampai ke Kota Osaka Jepang," beber Ipda Purwanto dikutip Bagikanberita.com dari Tribratanews.polri.go.id

"Bio Teratai ini merupakan pupuk hayati cair buatannya yang ramah lingkungan, hemat, praktis dan semua bahannya ada di Indonesia," imbuhnya.

Dirinya mengungkapkan, pupuk cair Bio teratai ini dibuat dengan memanfaatkan limbah organik sayuran dan buah-buahan yang telah diuraikan oleh lalat tentara hitam (Black Soldier Fly/BSF).

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar, Papa Surya Ungkap Pemilik Anting ke Andin, Kejahatan Elsa Akan Terungkap di Ikatan Cinta

Baca Juga: Jadwal Acara TV RCTI Hari Ini Sabtu 13 Maret 2021: Saksikan Live Lamaran Aurel Atta, Ikatan Cinta

Dengan bantuan BSF, ia menambahkan, sampah organik bisa diuraikan dengan cepat dan efisien, pasalnya menghasilkan maggot atau larva yang mengandung proteinnya cukup tinggi.

"Selain meningkatkan kualitas dan hasil produksi tanaman, pupuk cair bio teratai juga dapat memperbaiki kesuburan tanah dan mengembalikan ekosistem mikroba," ungkapnya.

Atas terobosan dan inovasi Ipda Purwanto, ia mendapatkan apresiasi dari Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulses Kombes Pol. Muhammad Anis. Dansat Brimob mengungkapkan bahwa kepolisian sangat mendukung inovasi dan terobosan yang telah diciptakan oleh anggotanya guna memajukan dan memberi manfaat di sektor pertanian dan berguna bagi masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Innalillahi, Gempa Bumi Telah Getarkan Wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur, Berkekuatan 4.6 Skala Richter

"Mendukung kinerja Ipda Purwanto dalam hal melaksanakan program Brimob Pioner Satbrimob Sulawesi Selatan, dimana dia menerapkan pupuk organik buatan sendiri kepada para petani di Kanreapia dan dapat meningkatkan hasil pertanian dari petani sayur," papar Kombes Pol. Muhammad Anis.

"Petani juga sudah banyak menyumbangkan hasil sayurnya kepada masyarakat yang terdampak bencana. Baik bencana pandemi Covid-19 maupun bencana banjir dan gempa bumi di dapur-dapur lapangan TNI-Polri yang sedang dilaksanakan untuk perbantuan," pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis.***

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Tribrata News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x