Inilah 4 Ibadah di Bulan Ramadhan yang Ditingkatkan oleh Rasulullah SAW, Nomor 2 Rugi Kalau Tidak Dilakukan

- 15 April 2021, 20:12 WIB
 Inilah 4 Ibadah di Bulan Ramadhan yang Ditingkatkan oleh Rasulullah SAW, Nomor 2 Rugi Kalau Tidak Dilakukan
Inilah 4 Ibadah di Bulan Ramadhan yang Ditingkatkan oleh Rasulullah SAW, Nomor 2 Rugi Kalau Tidak Dilakukan /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, Setiap umat islam yang beriman, selayaknya memahami keutamaan atau fadhilah dari setiap ibadah yang Allah SWT perintahkan.

Menurut para ulama pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap amal shaleh akan menjadi penyemengat sekaligus akan mendorong kepada peningkatan ketakwaan seseorang apalagi di bulan ramadhan yang setiap amalannya akan dilipat gandakan.

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat yang tidak dimiliki pada bulan selain ramadhan.

Baca Juga: Innalillahi Mantan Anggota Dewan Doni Timur, Divonis Hukuman Mati oleh Majelis Hakim karena Kasus Narkoba

Seluruh ibadah bisa kita tingkatkan di bulan suci ini. Namun ada sejumlah ibadah yang benar-benar ditingkatkan oleh Nabi SAW di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kedermawanan
“Rasulullah SAW. adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari).

2. Tadarus Al Quran
“Malaikat Jibril biasa menemui Rasulullah SAW setiap malam pada bulan Ramadhan, lalu mudarasah (menelaah) isi Al Quran.” (H.R. Bukhari).

Baca Juga: Waduh! Salah Lirik Lagu 'Ramadhan Tiba' yang Dinyanyikan Iis Dahlia, Anaknya Devano Danendra Kena Imbasnya

3. Sholat Tarawih 11 Rakaat
Aisyah RA pernah ditanya, “Bagaimana cara shalat Rasulullah SAW pada malam bulan Ramadhan? Ia menjawab, “Tiadalah Rasulullah SAW menambah pada bulan Ramadhan, juga pada bulan lainnya atas sebelas rakaat. Beliau shalat empat rakaat, jangan bertanya tentang banyak dan panjangnya, kemudian beliau shalat empat rakaat, jangan bertanya tentang baik dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga rakaat.” (H.R. Bukhari).

4. I’tikaf
I’tikaf artinya menahan diri di masjid untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT Dengan i’tifak seseorang mengikatkan diri kepada Allah SWT, memusatkan perhatian dan penghayatan untuk membina hubungan mesra dengan Allah.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x