Catat! Inilah 7 Kejadian Penting di Hari Jumat yang Harus Kita Ketahui, Nomor 5 Rugi Kalau Tidak Dikerjakan

- 16 April 2021, 07:17 WIB
Catat! Inilah 7 Kejadian Penting di Hari Jumat yang Harus Kita Ketahui, Nomor 5 Rugi Kalau tidak Dikerjakan
Catat! Inilah 7 Kejadian Penting di Hari Jumat yang Harus Kita Ketahui, Nomor 5 Rugi Kalau tidak Dikerjakan /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam setiap pekannya. Bahkan, ada beberapa amalan yang dianjurkan saat hari Jumat tiba.

Dalam beberapa riwayat, hari Jumat memiliki keutamaan. Misalnya dibukanya pintu keberkahan dan kebaikan oleh Allah SWT, adanya waktu mustajab dari doa seorang mukmin, dan ada janji pahala berlipat ganda bagi muslim yang memperbanyak membaca Alquran, berdzikir serta shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Firman Allah : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-Jumu'ah :9).

Baca Juga: Waduh! Setelah Bertunangan Dua Tahun, Penyanyi Jennifer Lopez akhirnya Resmi Pisah dengan Alex Rodriguez

Di samping adanya kewajiban sholat Jumat dan mendengarkan khutbah Jumat pada waktu dzuhur, ternyata ada peristiwa penting yang terjadi pada hari Jumat. Peristiwa penting ini tentunya tidak terjadi pada hari-hari biasa. Apa saja itu? Berikut Bagikan Berita merangkumnya dari berbagai sumber:

1. Diciptakannya Nabi Adam AS
Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah di bumi. Rasullullah SAW bersabda : "Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan nabi Adam, hari masuk dan keluar surga nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat." (HR. Muslim)
“Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam AS) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.” (HR. Imam At thabrani).

2. Nabi Adam Diturunkan ke Bumi
Nabi Adam dan istrinya Siti Hawa diturunkan ke bumi dari surga lantaran melanggar perintah Allah yakni memakan buah khuldi.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa untuk kota Bekasi, Bogor, Depok, Semarang, Solo dan Malang Jumat 16 April 2021

Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat dan termaktub dalam Alquran: “Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”. (Q.S Al-Baqarah :36).

3. Nabi Adam diampuni
Nabi Adam AS bertaubat atas kelengahannya mengikuti bisikan Iblis. Ia pun memohon ampunan kepada Allah SWT dan Allah menerima taubatnya pada hari Jumat.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x