Tak Beri Ampun, Menteri BUMN Erick Thohir Pecat Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika

- 16 Mei 2021, 20:34 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. /

BAGIKAN BERITA - Buntut penggunaan alat test cepat atau rapid test antigen bekas oleh petugas medis di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memecat seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika (KFD). 

Pemecatan seluruh jajaran direksi KFD tersebut setelah Kementrian BUMN melakukan penelusuran dan pengkajian secara komprehensif. 

Sebelumnya, Kimia Farma juga memecat oknum petugas yang telah ditetapkan tersangka. 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mudah dan Cepat Turunkan Berat Badan Setelah Makan Sajian Santan Seperti Opor Ayam Saat Lebaran

Erick menegaskan bahwa apa yang terjadi di Kualanamu adalah persoalan yang mesti direspons secara profesional dan serius. Setelah melakukan penilaian secara terukur dan berlandaskan semangat good corporate governance, langkah tegas mesti diambil.

"Setelah melakukan pengkajian secara komprehensif, langkah (pemberhentian) ini mesti diambil. Selanjutnya, hal yang menyangkut hukum merupakan ranah dari aparat yang berwenang," kata Erick dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Seluruh BUMN terikat pada kesepakatan bersama untuk bertindak profesional sesuai dengan core value yang dicanangkan, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Apa yang terjadi di kasus Kualanamu dinilai bertentangan dengan core value tersebut.

Baca Juga: Kabar Duka Cita Datang dari Putri Mantan Presiden Gus Dur, Alissa Wahid Bersedih atas Wafatnya KH Sanusi Baco

"Karena memang sudah tak sejalan dengan core value tersebut maka tidak memandang siapa dan apa jabatannya, kami persilakan untuk berkarier di tempat lain," kata Erick.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x