Pemberian Gelar Profesor Kehormatan kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri Tidak Melanggar Aturan

- 10 Juni 2021, 15:58 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Presiden ke-5 ini akan menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan RI, Jumat 11 Juni 2021.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Presiden ke-5 ini akan menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan RI, Jumat 11 Juni 2021. /idu.ac.id

BAGIKAN BERITA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan). 

Rencananya, Presiden ke-5 ini menerima gelar Profesor Kehormatan dijadwalkan pada Jumat, 11 Juni 2021. 

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto akan turut hadir mendampingi Megawati besok. 

Menanggapi hal tersebut, dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu Elfahmi Lubis mengatakan, bahwa pemberian gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati Soekarnoputri sudah sesuai aturan yang berlaku. 

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Akan Diberi Gelar Profesor Kehormatan oleh Universitas Pertahanan

Melansir Antara News, menurut Fahmi, mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 40 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Profesor/Guru Besar dibenarkan bagi perguruan tinggi untuk memberikan gelar akademik profesor kepada seseorang yang dianggap memiliki keahlian dan prestasi luar biasa dalam pengembangan IPTEK, kemasyarakatan, keagamaan, kebudayaan dan seni.

Ketentuan pasal 2 dalam Permen tersebut menyebut Menteri dapat menetapkan seseorang yang memiliki keahlian dengan prestasi luar biasa untuk diangkat sebagai profesor/guru besar tidak tetap pada perguruan tinggi berdasarkan pertimbangan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

"Jika Merujuk pada ketentuan ini maka dibenarkan perguruan tinggi untuk mengangkat seseorang yang telah memiliki keahlian dan prestasi luar biasa dalam jabatan akademik tertentu, misalnya dalam jabatan akademik profesor," ucap Fahmi di Bengkulu, Kamis.

Baca Juga: Megawati Diberi Kehormatan oleh Para Seniman Untuk Membuka Pameran Lukisan Bulan Bung Karno di Yogyakarta

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x