Ini Waktu yang Mustajab Agar Doa Kita Bisa Dikabulkan Allah SWT dan Telah Dicontohkan Rasulullah SAW

- 30 Januari 2022, 21:43 WIB
lustrasi, Seorang muslim sedang berdoa
lustrasi, Seorang muslim sedang berdoa / Wallpaperaccess/

BAGIKAN BERITA - Ini waktu yang mustazab agar doa kita bisa dikabulkan Allah SWT dan telah dicontohkan Rasulullah SAW. Orang yang berdoa kepada Allah SWT adakalanya cepat dikabulkan dan ada pula yang lambat diperkenankan.

Jika doa kita belum dikabulkan, janganlah berprasangka buruk kepada Allah SWT karena masalah dipercepat atau diperlambatnya doa termasuk dalam bentuk kekuasaan-Nya.

Selain berdoa, kita juga harus ikhtiar (berusaha) untuk mewujudkan keinginan tersebut, doa dan usaha harus seimbang agar keinginan kita lekas terkabul.

Baca Juga: Doa-doa Pendek yang Pahalanya Besar dan Bisa Diamalkan Kapan Saja

Jika hanya berdoa tanpa usaha, itu akan sia-sia, dan jika hanya berusaha tanpa berdoa, itu berarti sombong. Perlu diketahui, bahwa berdoa merupakan salah satu perintah Allah kepada hamba-Nya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidak (pernah) berdoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya.” (H.R. Muslim). Itulah mengapa kita dianjurkan untuk memperbanyak doa.

Baca Juga: 5 Syarat Poligami yang Dicontohkan Rasulullah SAW dan Harus Diteladani Tapi Sering Dilupakan Para Lelaki

Diantara usaha yang bisa kita upayakan agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT adalah dengan memanfaatkan waktu-waktu tertentu yang dijanjikan oleh Allah bahwa doa ketika waktu-waktu tersebut dikabulkan.

Rasulullah SAW pernah menyebutkan beberapa waktu ideal untuk memanjatkan doa, antara lain sebagai berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x