Ini Cara Meraih Malam Lailatul Qadar Agar Ibadah Kita Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda dari Allah SWT

- 19 April 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi, muslim sedang berdoa untuk meraih malam Lailatu Qadar
Ilustrasi, muslim sedang berdoa untuk meraih malam Lailatu Qadar /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Inilah cara meraih malam Lailatul Qadar agar ibadah kita mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT dan dosa kita kita terdahulu bisa terhapus.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi seluruh umat Islam yang ada di seluruh dunia.

Pada malam Lailatul Qadar tersebut, Nabi Muhammad SAW untuk pertama kali menerima wahyu Al-Qur'an dari Allah SWT melalui perantaraan malikat Jibril.

Baca Juga: Tata Cara Menghitung Zakat Profesi Dilengkapi dengan Contoh Perhitungannya

Malam Lailatul Qadar tersebut bertepatan dengan bulan Ramadhan tapi tidak ada yang bisa menentukan kapan terjadinya, Namun banyak ulama mengatakan bahwa malam suci tersebut akan terjadi di sepuluh terakhir Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Setiap orang yang beribadah di malam tersebut akan mendapat berkah dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, serta bisa menghapus dosa-dosa yang terdahulu.

Untuk meraih, malam Lailatul Qadar setiap muslim harus melakukan i'tikaf, i'tikaf berarti tinggal di masjid selama beberapa hari, teristimewa di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Seperti yang dijelaskan dalam hadits.

Baca Juga: Tata Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online Melalui Baznas, Begini Caranya

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Selama melakukan i'tikaf, seorang mutakif (orang yang beri'tikaf) mengasingkan diri dari segala urusan duniawi, kemudian menggantinya dengan ibadah sepenuh hati. Seperti yang telah dicontohkan Rasulullah SAW, selama beri'tikaf, kita harus menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT seraya mengharap ampunan dan rahmat-Nya. Hakikat i'tikaf adalah taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah) dengan memperbanyak ibadah.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x