Jangan Lupa Sholat Sunnah Rawatib! Salah Satu Keutamaannya Bisa Menyempurnakan Sholat Wajib

- 8 Juli 2022, 10:24 WIB
Ilustarasi,  umat islam sedang melaksanakan sholat di sebuah masjid
Ilustarasi, umat islam sedang melaksanakan sholat di sebuah masjid /pixabay/fuzz/

BAGIKAN BERITA - Inilah sholat sunnah rawatib, salah keutamaannya bisa menyempurnakan sholat wajib yang selalu dikerjakan selama 5 waktu.

Seperti diketahui, sholat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang selalu dikerjakan Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Selain itu sholat sunnah rawatib, biasa dilakukan untuk mengiringi sholat lima waktu yang wajib dikerjakan semua Islam yang beriman.

Baca Juga: 4 Jenis Bahan Makanan yang Harus Dihindari agar Berat Badan Cepat Turun Menurut dr. Zaidul Akbar

Oleh karena itu, setiap umat Islam yang beriman disarankan untuk memperbanyak sholat sunnah rawatib untuk memperbanyak amalan ibadahnya. Berikut ini penjelasan tentang sholat sunnah rawatib.

Sholat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum sholat wajib disebut sholat sunnah qabliyah. Sedangkan, sesudah sholat wajib disebut sholat sunnah ba’diyah.

Rakaat sholat sunnah rawatib yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah dua rakaat atau empat rakaat sebelum Zhuhur, dua rakaat atau empat rakaat sesudah Zhuhur, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah ‘Isya, dua rakaat sebelum Subuh.

Baca Juga: Dapatkan 12 Link Twibbon Gratis Ucapan Idul Adha 2022, Cocok untuk Status WA, IG, FB

Di antara tujuan disyariatkannya sholat sunnah qabliyah adalah agar jiwa memiliki persiapan sebelum melaksanakan sholat wajib. Jiwa ini telah disibukkan dengan berbagai urusan dunia. Agar jiwa tidak lalai dan siap, maka ada sholat sunnah qabliyah.

Sedangkan, sholat sunnah ba’diyah dilaksanakan untuk menutup beberapa kekurangan dalam sholat wajib yang baru dilakukan.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x