Kabar Bahagia, Junta Myanmar Bebaskan Tahanan 23.184 Orang saat Tahun Baru Tradisional

- 18 April 2021, 10:22 WIB
Ilustrasi tahanan.
Ilustrasi tahanan. /PIXABAY

BAGIKAN BERITA - Junta Myanmar bebaskan 23.184 tahanan di seluruh penjara Myanmar pada hari Sabtu, 18 April 2021 di bawah amnesti tahun baru.

Dilansir Bagikanberita.com dari Reuters.com, pada Sabtu, merupakan hari tahun baru tradisional di negara Myanmar, saat perayaan tahun baru, biasanya mereka merayakan dengan mengunjungi kuil buddha untuk beribadah dan meramaikan jalanan, sambil berpesta ria.

Adapun pihak aktivis pro-demokrasi Myanmar, menyerukan untuk pembatalan acara perayaan tahunan ini. Namun, di sisi lain orang-orang berkampanye untuk meminta demokrasi usai penggulingan militer, dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

Baca Juga: Jadwal Acara Lengkap TV Indosiar Minggu 18 April 2021, Saksikan LIVE PIALA MENPORA 2021 LEG 2: PERSIJA VS PSM

Perlu diketahui, menurut data yang dihimpun data kelompok aktivis Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP), Aung San Suu Kyi pun termasuk dalam tahanan bersama 3.141 orang lainnya yang ditangkap terkait kudeta tersebut.

"Para tahanan ini kebanyakan dari sebelum 1 Februari tetapi ada juga beberapa yang dipenjara setelahnya," tutur juru bicara Departemen Penjara Kyaw Tun Oo kepada Reuters melalui telepon.

Saat ditanya apakah ada dari mereka yang dibebaskan mungkin telah ditahan sehubungan dengan protes terhadap pemerintahan militer, ia mengatakan dia tidak memiliki rincian amnesti.

Baca Juga: Selamat Jalan Untuk Selamanya, Ayah Mertua Dian Satro, Adiguna Sutowo Meninggal Dunia karena Sakit Pagi Tadi

Menurut penuturan AAPP, sementara militer telah membebaskan ribuan tahanan, mereka juga sedang mencari 832 orang dengan surat perintah sehubungan dengan protes tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x