Gencatan Senjata Hamas - Israel Disambut Gembira Rakyat Palestina, Hamas Janji Bangun Rumah Warga yang Hancur

- 21 Mei 2021, 10:59 WIB
Ilustrasi, Gencatan Senjata Hamas - Israel Disambut Gembira Rakyat Palestina, Hamas Janji Bangun Rumah Warga yang Hancur
Ilustrasi, Gencatan Senjata Hamas - Israel Disambut Gembira Rakyat Palestina, Hamas Janji Bangun Rumah Warga yang Hancur /pizabay/

BAGIKAN BERITA - Perang terbuka antara Hamas Vs Israel akhirnya berakhir, setelah kedua pihak sepakat untuk melakukan gencatan senjata pada Jumat 21 Mei 2021 dini hari.

Perang terbuka antara Israel dengan Hamas berlangsung selama 11 hari telah menewaskan 232 warga Palestina, termasuk 65 anak-anak, tewas dan lebih dari 1.900 orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan udara serta gempuran artileri Israel ke Gaza.

Sedangkan di pihak Israel 12 warga tewas termasuk dua anak dan seorang tentara Israel dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan roket Hamas.

Baca Juga: Jadwal Acara Lengkap TV RCTI Jumat 21 Mei 2021: Saksikan Ikatan Cinta, Amanah Wali, Setinggi Bintang Dilangit

Seperti dilansir Reuters gencatan senjata yang diprakarsai oleh Mesir ini, disambut gembira oleh warga Palestina di Gaza. Mereka merayakannya dengan turun ke jalan.

Bahkan banyak mobil saling membunyikan klakson sehingga jalanan menjadi bising, dan banyak warga gaza mengibarkan bendera Palestina sebagai hari kebahagian mereka setelah mereka di bombardir Israel selama 10 hari.

Selain itu, banyak juga masyarakat Palestina merayakan gencatan senjata ini dengan menembakan senjata ke udara dan kembang api serta petasan ikut juga dinyalakan.

Baca Juga: Hasil Polling Akhir LIDA 2021, Berlian Sulawesi Tenggara Tersenggol di Babak Top 21 Besar Grup 2

Sementara itu, Khalil al-Hayya, anggota paling senior kedua dari biro politik Hamas di depan ribuan warga Gaza yang merayakan gencatan senjata mengatakan bahwa Hamas telah memenangkan pertempuran dengan Israel.

"Ini adalah euforia kemenangan," kata Khalil al-Hayya seperti dilansir AFP, Jumat 21 Mei 2021. Khalil al-Hayya juga berjanji akan kembali membangun rumah-rumah yang hancur di di bom oleh Israel melalui serangan udara dan artileri.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: REUTERS AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x