Terungkap, Ini Alasan Semangka Viral di Medsos Menjadi Bentuk Dukungan bagi Palestina

- 4 November 2023, 06:48 WIB
Ilustrasi buah semangka yang menjadi simbol dukungan bagi Palestina.
Ilustrasi buah semangka yang menjadi simbol dukungan bagi Palestina. /FruitnMore/PIXABAY

BAGIKAN BERITA – Perang Kelompok Hamas dan Israel telah menelan korban warga sipil hingga lebih dari 9.000 orang dan meluluhlantakkan rumah serta bangunan publik.

Perang tersebut menyulut amarah banyak orang tidak terkecuali masyarakat Indonesia yang memberikan dukungan kepada rakyat Palestina.

Sebagai dukungan di media sosial, masyarakat mengunggah foto ataupun emoji semangka sebagai bentuk dukungan kepada Palestina.

Buah yang terdiri dari empat warna yakni merah, hijau, putih, dan hitam itu ternyata menjadi ikon yang menggambarkan dukungan bagi Palestina agar bisa terlepas dari konflik yang dihadapinya.

Meski begitu buah tersebut ternyata memiliki sejarah yang mendalam dan sejak setengah abad yang lalu.

Dalam laporan Bon Appetit, Selasa 31 Oktober, disebutkan bahwa semangka telah menjadi ikon protes menggantikan lambang bendera Palestina sejak terjadi perang di 1967.

Baca Juga: Jadwal Indosiar Sabtu 4 November 2023: Konser #IndonesiaSukses Pesta Bola Dunia 2023, Pintu Berkah, Magic 5

Sebuah perang yang berlangsung antara Israel dan negara-negara tetangganya termasuk Mesir, Suriah, dan Yordania itu menghasilkan keputusan pelarangan pengibaran bendera Palestina di sepanjang perbatasan negara tersebut untuk membatasi nasionalisme Palestina dan Arab.

Larangan tersebut berlangsung cukup lama hingga 1993 yang akhirnya ketentuan itu melonggar akibat adanya Perjanjian Oslo.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x