Duka bagi Penerbangan Dunia, Kebakaran Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo saat Mendarat

- 2 Januari 2024, 19:32 WIB
Insiden kecelakaan pesawat Japan Airlines terjadi di Bandara Haneda, Jepang.
Insiden kecelakaan pesawat Japan Airlines terjadi di Bandara Haneda, Jepang. /Reuters/

BAGIKAN BERITA – Maskapai penerbangan Jepang, Japan Airlines Co. (JAL), mengonfirmasi bahwa satu dari pesawatnya mengalami kebakaran di Bandara Haneda, Tokyo, setelah mendarat dari Sapporo pada hari Selasa 2 Januari 2024.

Semua 379 penumpang dan awak pesawat berhasil dievakuasi dari pesawat yang terbakar tanpa mengalami luka serius yang mengancam nyawa, demikian disampaikan oleh perwakilan JAL. Dari jumlah tersebut, terdapat 367 penumpang dewasa dan delapan anak-anak.

Kebakaran ini diduga dipicu oleh tabrakan antara pesawat JAL dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang yang berpangkalan di bandara, menurut pihak penjaga pantai.

Pesawat penumpang tersebut diyakini bertabrakan dengan pesawat lain di landasan pacu atau fasilitas penghubung landasan pacu (taxiway) setelah mendarat, sesuai keterangan dari JAL.

Baca Juga: Malam Ini Selasa 2 Januari 2024 X Factor Indonesia Tayang Jam Berapa di RCTI? Ini Bocorannya

Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang menyatakan bahwa mereka saat ini tengah menyelidiki kejadian ini, sementara Bandara Haneda telah menutup semua landasan pacu sebagai tindakan pencegahan.

Japan Coast Guard (JCG), atau Penjaga Pantai Jepang, mengungkapkan bahwa pesawat mereka membawa bantuan untuk daerah yang terdampak oleh gempa. Namun, status lima awak yang berada di pesawat JCG tersebut masih belum diketahui.

Kejadian ini menyoroti pentingnya penyelidikan dan tindakan pencegahan lebih lanjut untuk memahami penyebab pasti insiden ini dan untuk memastikan keselamatan dalam operasi bandara.***

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x