Presiden Jokowi Diminta Bentuk Kementerian Khusus Papua

- 3 Desember 2020, 23:13 WIB
Presiden Jokowi Diminta bentuk kementerian khusus tangani Papua dan Indonesia Timur.
Presiden Jokowi Diminta bentuk kementerian khusus tangani Papua dan Indonesia Timur. /kominfo/

BAGIKAN BERITA - Presiden Joko Widodo diminta untuk membuat kementerian khusus yang menangani Papua dan wilayah Timur Indonesia.

Papua memiliki masalah keamanan dan kesejahteraan yang masih terus mengemuka dan tidak terselesaikan sampai saat ini.

Munculnya gejolak di tengah masyarakat Papua, menunjukkan belum ada progres signifikan pembangunan yang dilakukan pemerintah hingga periode kedua Presiden Jokowi.

Baca Juga: Suzuki Nex Crossover, Motor Matic Baru untuk Jalur Off-Road

"Saya kira keberadaan Desk Papua di beberapa kementerian perlu dievaluasi segera. Jika perlu, saya mengusulkan agar dibentuk kementerian atau badan khusus yang menangani Papua dan Indonesia Bagian Timur," kata Anggota Komisi I DPR RI Sukamta seperti diberitakan Antara Kamis 3 Desember 2020.

Dia menjelaskan mengapa kementerian atau badan khusus Papua, agar bisa fokus, ter-target jelas dan berproses sehingga masalah di Papua tidak membesar dan cepat terselesaikan.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI itu menilai, selama ini otonomi khusus yang berjalan dan berbagai proyek percepatan pembangunan infrastruktur belum menyentuh hal subtantif.

"Yang dilakukan oleh pemerintah seakan membangun Papua secara artifisial. Membangun jembatan, jalan raya, mengangkat stafsus dari Papua, berkunjung ke Papua, hal ini tidak menyentuh akar masalah di Papua," ujarnya.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Bangun Malam Untuk Bertahajud, Nomor 5 yang Paling Penting

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x