Oksigen Langka, Ketua DPR Puan Maharani Minta Pemerintah Pusat Harus Bergerak Lebih Sistematis dan Cepat

- 5 Juli 2021, 19:02 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah bergerak cepat atasi kelanggan oksigen.
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah bergerak cepat atasi kelanggan oksigen. /

BAGIKAN BERITA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan saat ini ketersediaan tempat tidur bagi pasien covid-19 di rumah sakit sudah sangat mengkhawatirkan.

Selain itu, pasokan oksigen semakin hari semakin langka. Tentu ini menjadi persoalan yang sangat penting.

Politikus Partai PDI Perjuangan itu pun meminta pemerintah pusat agar bergerak lebih sistematis dan cepat.

Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani Minta Masyarakat Tidak Panik dengan PPKM Darurat: Mari Kita Bulatkan Tekad

"Selain menipisnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, saat ini persoalan yang tak kalah mendesak untuk diatasi adalah kelangkaan oksigen untuk pasien COVID-19. Pemerintah pusat harus bergerak lebih sistematis dan cepat untuk mengatasi karena berdampak pada keselamatan pasien yang sedang dirawat," kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 5 Juli 2021.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan persoalan kelangkaan oksigen tidak bisa diatasi dengan cara-cara reaktif semata, tetapi harus diantisipasi sedini mungkin. Pemanfaatan teknologi informasi digital secara maksimal harus dilakukan untuk mendapatkan data yang solid dan transparan hingga ketersediaan tempat tidur rumah sakit dan oksigen di berbagai kota bisa dipetakan.

Menurut Puan, dengan pendataan dan pemetaan dapat diketahui ketersediaan oksigen di suatu kota sudah mulai menipis sehingga bisa dikirim dari kota terdekat atau disuplai dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Ingin Jadi Calon Presiden 2024, Dipasangkan dengan Puan Maharani sebagai Wakilnya

Puan mendesak pemerintah segera mengeksekusi kebijakan mengalihkan oksigen untuk kebutuhan industri menjadi oksigen medis. Selain itu, pengawasan rantai pasokan oksigen dari produsen ke konsumen harus menjadi perhatian pemerintah.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x