Hasil Survei Calon Presiden Selalu Terbawah Dibandingkan Ganjar dan Prabowo, Anies Baswedan Bilang Begini

- 2 Oktober 2023, 17:02 WIB
Anies Baswedan bersama Kiai Haji Muhammad Najih Maimoen.
Anies Baswedan bersama Kiai Haji Muhammad Najih Maimoen. //Antara/HO

LIPUTAN BANDUNG-Hasil lembaga survei selalu menempatkan calon presiden Anies Baswedan berada di urutan terbawah dibandingkan dengan Capres lainnya seperti Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto. 

Yang terbaru adalah hasil survei dari Indikator Politik Indonesia yang sudah rilis menempatkan Anies Baswedan berada di urutan ketiga dalam urusan perolehan elektabilitas di Jawa Timur dengan persentase 14,4 persen, melalui simulasi tiga nama yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

Elektabilitas Anies Baswedan  berada di bawah bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan 43,9 persen dan Prabowo Subianto dengan 33,8 persen. Sementara itu  sebanyak 8,0 persen menyatakan tidak memilih atau tidak menjawab.

Baca Juga: Wacana Gabungkan Prabowo – Ganjar Kandas, PDIP: Keputusan Final Ganjar akan Menangkan Pilpres 2024

Survei kepada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto ini dilakukan mulai tanggal 14-20 September 2023, dengan melibatkan warga Indonesia di Jawa Timur dan sudah memiliki hak memilih dalam pemilihan umum, dengan usia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.810 orang dengan asumsi metode "simple random sampling".

Ukuran sampel 1.810 responden memiliki toleransi kesalahan "margin of error" sekitar lebih kurang 2.4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Ketum PSI Kaesang Akan Sowan ke Megawati, Berikut Jadwalnya!

Sampel berasal dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x