WASPADA! Sejumlah Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Bersama Kilat dan Angin Kencang pada Minggu

- 25 Februari 2024, 08:35 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan dan Angin kencang di Sejumlah Provinsi Hari Ini
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan dan Angin kencang di Sejumlah Provinsi Hari Ini /

BAGIKAN BERITA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan sedang hingga lebat, yang bisa disertai kilat dan angin kencang, yang mungkin terjadi di beberapa provinsi di Indonesia pada hari Minggu.

Dilansir dari situs resmi BMKG di Jakarta, wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat bersama kilat dan angin kencang termasuk Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, dan DKI Jakarta.

Selain itu, daerah-daerah lain yang juga mungkin terkena dampak serupa meliputi Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menghadapi cuaca ekstrem serta bencana hidrometeorologi yang masih berpotensi mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga bulan Februari 2024.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Bandung Minggu 25 Februari 2024, Hujan Sedang dan Ringan pada Siang hingga Sore Hari

“Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan di bulan Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia,” ujarnya.

Dalam konteks daerah dataran tinggi atau yang rawan terhadap longsor dan banjir, Karnawati meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan oleh cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

“Ia menyarankan agar secara berkala atau sebelum melakukan aktivitas, masyarakat memantau informasi cuaca yang resmi dari BMKG. Dengan begitu, mereka dapat lebih siap mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi cuaca ekstrem,” tambahnya.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan tentang potensi dampak dari bencana angin puting beliung selama musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia yang diprakirakan akan berlangsung hingga akhir bulan Februari 2024.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x