Narasi TV Berhasil Ungkap Wajah Pelaku Pembakar Halte Sarinah, Ternyata Bukan Pemdemo RUU Ciptaker

- 29 Oktober 2020, 13:34 WIB
Viral di Twitter, Narasi TV Berhasil Ungkap Wajah Pelaku Pembakar Halte Sarinah, Ternyata Bukan Demonstran RUU Cipta Kerja
Viral di Twitter, Narasi TV Berhasil Ungkap Wajah Pelaku Pembakar Halte Sarinah, Ternyata Bukan Demonstran RUU Cipta Kerja /Instagram.com/@matanajwa/Bagikanberita.com


BAGIKAN BERITA -Tim Buka Mata Narasi TV dengan menggabungkan video yang di kumpulkan dari sumber terbuka, lewat video jurnalistiknya secara berhasil mengungkap jejak rekam para pelaku pembakaran Halte Sarinah dalam aksi demonstrasi tolak RUU Cipta Kerja 8 Oktober 2020 lalu.

Tim Buka Mata Narasi TV berhasil menyusun kembali secara rinci, menit demi menit pembakaran Halte TransJakarta Sarinah pada 8 Oktober 2020.

"Hasil analisis kami menemukan bahwa para pelaku memang datang untuk membakar Halte TransJakarta dan memperburuk situasi aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja.
Pelaku mula-mula datang dari arah Jalan Sunda secara berkelompok saat aksi mulai panas di perempatan Sarinah. Mereka sempat berfoto-foto dan melakukan pengamatan. Secara terencana, para pelaku kemudian berpencar untuk membakar Halte TransJakarta,"tulis Instagram matanajwa yang diunggah Kamis  29 Oktober 2020.

Baca Juga: ShopeePay Kembali dengan Merchant baru untuk Kamu Nikmati Minggu Ini!

Saat mahasiswa terlibat bentrokan dengan Polisi di perempatan Sarinah, para pelaku sibuk melakukan pengrusakan halte. Mereka lantas memanfaatkan momen itu untuk melakukan pengrusakan lebih masif dengan sengaja menyulut api di dalam halte.

Hanya butuh waktu satu jam bagi para pelaku untuk menyulut api dan membuat bara di Jalan MH Thamrin. Dan para pelaku bukan bagian dari mahasiswa atau buruh yang menjadi motor penggerak aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja yang baru disetujui DPR dan Pemerintah dalam rapat paripurna pada 5 Oktober 2020.

Tim Narasi TV berhasil membongkar wajah-wajah para pelaku, yang ternyata berasal dari sebuah kelompok, termasuk pelaku yang mengenakan topi dan membawa sebuah spanduk yang terbakar, di dalam foto yang viral tersebut.

Baca Juga: Perselingkuhan Chanyeol EXO hanya Hoax, Netizen China Ini Analisis Keaslian Foto yang Beredar

Hasil investigasi dimuat dalam akun milik @narasitv dan @NajwaShihab dengan judul Buka Mata 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah” tersaji lengkap perilaku para pelaku sejak mulai datang ke lokasi aksi dan bagaimana mereka selama 62 menit, dari memantau lokasi kejadian hingga akhirnya mereka sambil duduk santai menonton hasil perbuatan mereka.

Dan diakhir video, Investigator berhasil menangkap wajah-wajah para pelaku termasuk pelaku utama yang fotonya berhasil viral di media sosial.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Mata Najwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x