Inilah 9 Komponen Motor Yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan, Nomor 8 Paling Mudah

- 8 Januari 2021, 20:49 WIB
Biar Aman, Ini Komponen Motor Yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan
Biar Aman, Ini Komponen Motor Yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan /Dok. yamaha/

BAGIKAN BERITA-Bagi kita yang sering mengendarai sepeda motor disarankan memeriksa dan lebih memperhatikan kondisi sepeda motor. terutama komponennya. Karena disaat hujan jalan yang kita lalui menjadi basah dan licin.

Apa saja komponen yang perlu diperhatikan untuk memastikan sepeda motor kita agar berpergianmu tetap aman dan nyaman selama musim hujan.

Yuk! Simak tips mengecek komponen sepeda motor yang penting selama musim hujan, berikut tipsnya.

Baca Juga: Waspada! Sedia Payung, Majalengka Siang Hari diprediksi Hujan Petir

1.Cek Kelayakan Ban
Periksalah tekanan dan alur ban, kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraanmu melayang di atas air dan tergelincir pada saat hujan. Selalu gunakan Ban standar sesuai pabrikan, jika sudah tipis sebaiknya melakukan pergantian.


2.Gerak Bebas Kemudi
Periksa Kondisi kekentalan, volume dan warna oli masih layak dan pastikan oli motor tidak mengalami kebocoran. Karena jika mengalami kebocoran di jalanan yang basah akan membuat semakin licin dan membahayakan. Misalkan anda mengalami kendala dalam penyetelan kemudi, maka kami sarankan segera datang ke Bengkel Resmi Yamaha untuk penyetelannya. Karena jika gerakan kemudi motor anda tidak normal akan menggangu kestabilan sepeda motor saat dikendarai.


3.Fungsi Rem Depan dan Belakang
Cek ketebalan kampas rem dan ketinggian minyak rem apakah masih baik atau perlu penggantian. Ketika musim hujan, peran komponen yang satu ini menjadi lebih vital untuk bisa menghentikan laju kendaraan dengan baik. Pastikan kampas rem motor masih tebal dan masih layak pakai di kondisi jalanan yang basah.

Baca Juga: Link Streaming CINTA NIKITA SCTV, Rizky Billar dan Nikita Kembali Beradu Akting


4.Kondisi Oli Mesin
Lakukan gerakkan kemudi ke arah kiri - kanan dan gerakan maju – mundur untuk memeriksa gerakan kemudi. Pastikan gerakan kemudi lancar tanpa hentakan dan tidak kendur. Jika terasa ada kelonggaran atau hentakan pada gerakan kemudi


5.Fungsi Lampu dan Sinyal
Periksa fungsi lampu dan sinyal bekerja dengan normal, karena kelistrikan tersebut sangatlah penting untuk memberi sinyal dan posisi motor kita kepada pengendara lain. Disaat kondisi hujan pandangan pengemudi terganggu oleh air bahkan kabut. Sehingga menyalakan lampu kendaraan bisa membantumu untuk tetap melihat jalan.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x