Waspada Jalanan Licin Saat Hujan Mulai Turun saat Mengendarai Sepeda Motor

- 28 Februari 2024, 13:28 WIB
Sejumlah pengendara sepeda motor menerobos genangan air di Jalan Cingingsed Cisaranten Endah Arcamanik Kota Bandung setelah hujan mereda Selasa 27 Februari 2024.
Sejumlah pengendara sepeda motor menerobos genangan air di Jalan Cingingsed Cisaranten Endah Arcamanik Kota Bandung setelah hujan mereda Selasa 27 Februari 2024. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

BAGIKAN BERITA-Memasuki musim hujan, pengendara diwajibkan untuk selalu waspada dan hati-hati saat berkendara di jalan raya, terutama saat menggunakan sepeda motor. Potensi jalanan licin ternyata bukan hanya saat hujan telah membasahi jalanan, tapi justru yang paling diwaspadai adalah ketika hujan mulai turun.

Ketika hujan mulai turun, kotoran, lumpur, minyak, atau oli yang sebelumnya mengendap saat kondisi jalanan kering akan terangkat oleh air hujan. Proses tersebut menjadi salah satu penyebab jalanan tiba-tiba menjadi licin.

Penyebab lainnya adalah perubahan suhu. Suhu ban kendaraan yang digunakan dapat berbeda dengan suhu pada lintasan jalan, sehingga ban kurang mendapat traksi dan bisa menyebabkan selip. Jika pengendara tidak bisa mengendalikannya dengan baik, bisa berpotensi terjatuh atau tergelincir.

 Baca Juga: New Honda BR-V N7X Edition Resmi Diperkenalkan di Bandung, Menjadi Mobil Keluarga yang Stylish

Safety RIding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Saat hujan mulai turun dan jalanan basah, pengendara disarankan untuk menurunkan kecepatan.

Gunakan rem belakang untuk menghentikan kendaraan lebih efektif. Usahakan agar jari tangan tidak bersiap-siap di tuas rem depan untuk menghindari pengereman mendadak di roda depan. Selain itu, jaga kecepatan dan berkendara dengan aman.”

“Pastikan juga untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar, baik di depan maupun di belakang. Hindari manuver zig zag atau perilaku yang berbahaya, serta hindari akselerasi mendadak saat jalanan licin,” ujar Ludhy.

 Baca Juga: Cicilan Ringan Banget! Tabel KUR BRI Rp 70 Juta Angsuran Berapa? Inilah Bocorannya Lengkap dan Caranya

Alangkah baiknya, jika pengendara berhenti terlebih dahulu untuk menunggu hujan reda dan partikel kotoran, oli, dan minyak yang mengendap di jalanan terbilas air hujan, serta suhu ban menjadi ideal sehingga permukaan ban mendapat traksi yang optimal.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x