Kick Off Pemberdayaan Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan Kerjasama PT Pos Indonesia dan Unpad Resmi Dimulai

- 25 Oktober 2023, 12:00 WIB
Kick Off Program Pemberdayaan Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan Kerjasama PT Pos Indonesia dan Unpad Resmi Dimulai di Desa Cilembu Sumedang
Kick Off Program Pemberdayaan Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan Kerjasama PT Pos Indonesia dan Unpad Resmi Dimulai di Desa Cilembu Sumedang /

BAGIKAN BERITA- Kickoff dan sosialisasi bantuan tanggung jawab sosial dan lingkungan program pemberdayaan menuju desa mandiri dan ketahanan pangan kerjasama PT Pos Indonesia dan Universitas Padjadjaran (Unpad) di desa Cilembu Kabupaten Sumedang resmi dimulai. 

Kick Off program pemberdayaan menuju desa mandiri dan ketahanan pangan kerjasama PT Pos Indonesia dan Unpad ini dilaksanakan pada Selasa 24 Oktober 2023 di Dusun Pangkalan, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Kick off pelaksanaan program pemberdayaan menuju desa mandiri dan ketahanan pangan kerjasama PT Pos Indonesia dan Unpad ditandai dengan pemukulan patok titik air pembuatan sumur bor yang akan dibangun di Dusun Pangkalan, Desa Cilembu Sumedang Jawa Barat. 

Baca Juga: Dewan Energi Nasional Apresiasi Peran PLN Icon Plus dalam Mendukung Transisi Energi Nasional

Dalam kick off Pemukulan  patok air tersebut dilakukan oleh Salman Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang didampingi  Dr. Diah Fatma Sjoraida, M.Si, mewakili Unpad selaku Ketua Tim Pelaksana Program dan Asep Suhara, sebagai Kuwu Desa Cilembu. Acara juga dihadiri penyuluh UPTD Dinas Pertanian dan para anggota Poktan Pangkalan. 

Sebelumnya acara diawali dengan kegiatan “Pelatihan Integrated Farming” yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Fatah Wiyatna, salah satu dosen pada Unpad. 

Ini merupakan rangkaian lanjutan dari acara penandatanganan Berita Acara Kolaborasi antara kedua institusi tersebut pada 17 Oktober 2023 lalu.

Pada program pemberdayaan ini, anggota kelompok tani akan diberikan edukasi dan pelatihan peternakan, pengolahan limbah organik menjadi pupuk padat, pupuk cair dan biogas. Selain itu ada juga pelatihan budi daya hidroponik, pembuatan sumur bor untuk pengairan dan air bersih dan sebagainya,"ujar Salman.

Baca Juga: PT Pos Indonesia Kolaborasi dengan Unpad Berikan Program Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan di Desa Cilembu

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x