Cair Lagi, KUR BRI Rp165 Triliun untuk Tambahan Modal UMKM, Pinjaman hingga Rp500 Juta Tanpa Jaminan

- 31 Maret 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi KUR BRI untuk pelaku UMKM 2024
Ilustrasi KUR BRI untuk pelaku UMKM 2024 /Facebook Bank BRI

BAGIKAN BERITA - Program kredit usaha rakyat (KUR) kembali digulirkan oleh pemerintah untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tahun 2024. Dalam pelaksanaannya, pemerintah kembali menunjuk bank BUMN dan bank umum lainnya sebagai penyalur program ini.

Salah satu bank penyalur KUR terbesar adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang pada tahun 2024 mendapatkan alokasi sebesar Rp165 triliun, turun dari alokasi tahun sebelumnya sebesar Rp194,4 triliun. Penurunan alokasi ini disebabkan oleh fakta bahwa pada tahun 2023, BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp163,3 triliun kepada 3,5 juta debitur.

Adapun target penyaluran KUR untuk tahun 2024 telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebesar Rp300 triliun.

Untuk mempermudah proses pengajuan, para pelaku UMKM yang berminat untuk mengajukan KUR diharapkan untuk mempelajari syarat dan ketentuan yang berlaku. Informasi terkait dapat ditemukan melalui situs resmi bank penyalur, seperti yang dilaporkan oleh situs bri.co.id.

Langkah ini menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan UMKM, yang merupakan pilar utama dalam perekonomian nasional.

Baca Juga: Suga BTS Mulai Jalani Pelatihan Militer Dasar, Begini Kata BigHit Music

Melalui program KUR, diharapkan UMKM dapat memperoleh akses lebih mudah terhadap sumber pembiayaan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka.

Persyaratan Calon Debitur

KUR Mikro Bank BRI

1. Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak

2. Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan

3. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit

4. Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x