Jembatan Ambruk, Lima Wisatawan Terluka di Raja Ampat Papua Barat, Begini Kronologinya

- 2 Juni 2021, 06:45 WIB
Ilustrasi pantai Raja Ampat.
Ilustrasi pantai Raja Ampat. /ANTARA

BAGIKAN BERITA - Salah satu Spot foto jembatan di wisata Geosite Kabui atau Batu Pensil Raja Ampat, Papua Barat, ambruk. 

Akibat insiden tersebut, lima wisatawan luka-luka. Akan tetapi, belakangan terkuak bahwa para wisatawan tersebut adalah wisatawan ilegal yang tidak menggunakan jasa travel resmi. 

Penggunaan jasa travel ilegal karena menghindari pungutan restribusi yang seharusnya masuk ke pemerintah daerah. 

Baca Juga: Hasil Polling Akhir LIDA 2021 Babak Result Show Top 16 Besar Grup 3, Rindi Gorontalo Tersenggol

Bahkan insiden yang terjadi pada 27 Mei 2021 pukul 12.15 WIT tidak dilaporkan kepada instansi terkait Pemkab Raja Ampat. Insiden tersebut seakan ditutupi dari publik dan juga instansi terkait pemerintah daerah.

Informasi tentang ambruk jembatan destinasi wisata batu pensil kabupaten Raja Ampat yang mengakibatkan lima orang wisatawan terluka itu, baru viral Senin (31/5) malam, setelah para operator wisata kabupaten Raja Ampat mendapatkan pengaduan salah satu wisatawan pengguna jasa travel ilegal tersebut yang merasa dirugikan dan pengaduan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui situs chse.kemenparekraf.go.id.

Pengaduan melalui situs chse.kemenparekraf.go.id membuat heboh masyarakat setempat, operator wisata lokal, pemandu wisata bahkan pemerhati pariwisata yang ada di kabupaten Raja Ampat sebab mereka berwisata ke Raja Ampat langsung dari Sorong tidak melapor kepada pemerintah daerah dan tidak menggunakan jasa masyarakat lokal sebagaimana aturan pemerintah daerah bagi pelaku usaha pariwisata yang beroperasi di wilayah tersebut.

Baca Juga: Gempa Bumi dan Tsunami Menerjang Pantai Pancer Banyuwangi dan Sekitarnya, 215 Warga Tewas pada 2 Juni 1994

Mengutip pengaduan dari wisatawan yang mengikuti tour tersebut kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui situs chse.kemenparekraf.go.id , antara lain melaporkan peristiwa robohnya dermaga tempat mereka berfoto sehingga kejadian tersebut berdampak pada kerugian baik materil maupun immaterial .

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x