Bagaimana Cara Mencuci Kain Tenun yang Tepat? simak Penjelasan Desainer Internasional Asal Indonesia Ini

- 31 Mei 2023, 19:10 WIB
Penampakan layout padu padan tenun karya Erwin Yuan yang akan ditampilkan pada fashion week 2023 di Jakarta Selatan, Sabtu 25 Februari 2023.
Penampakan layout padu padan tenun karya Erwin Yuan yang akan ditampilkan pada fashion week 2023 di Jakarta Selatan, Sabtu 25 Februari 2023. /Dok. Erwin Yuan/Kabar Banten

BAGIKAN BERITA -- Kain tenun merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai historis tinggi. 

Tenun dikenal sebagai kain yang mewah dan memiliki nilai tinggi lantaran dikerjakan dengan alat tradisional. 

Kain ini biasanya digunakan oleh para bangsawan karang nilainya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. 

Kain tenun dihasilkan dari teknik menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.

Baca Juga: Spesial Juni 2023, Pinjaman KUR BRI Online hingga Rp100 Juta Tanpa Jaminan untuk Bantu Modal UMKM

Dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian. Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, dan lainnya.

Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, benang perak, benang emas dan lainnya. Para ahli antropologi menyatakan bahwa kegiatan menenun sudah ada sejak tahun 500SM, terutama di daerah Mesopotamia, Mesir, India, dan Turki.

Pembuatan kain tenun ini umum dilakukan di Indonesia, terutama di daerah Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Biasanya produksi kain tenun dibuat dalam skala rumah tangga. Beberapa daerah yang terkenal dengan produksi kain tenunnya adalah Sumatra Barat, Palembang, dan Jawa Barat.

Untuk merawat kain tenun, diperlukan perhatian khusus agar tidak mudah rusak. Desainer Internasional asal Indonesia, Bai Soemarlono, menjelaskan cara yang tepat dalam merawat kain atau setelan berbahan tenun agar tetap indah dan terjaga.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x