Hati-Hati Terlalu Lama Gunakan Earphone Bisa Menyebabkan Ini

- 20 November 2020, 09:17 WIB
Hati-Hati Terlalu  Lama Gunakan Earphone Bisa Menyebabkan Ini
Hati-Hati Terlalu Lama Gunakan Earphone Bisa Menyebabkan Ini /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA -Mengunakan earphone sekarang ini banyak dilakukan oleh para pengguna smartphone baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Terlebih setelah masa Pandemi covid 19, penggunaan earphone intensitasnya lebih tinggi karena penerapan sekolah daring maupun meeting menggunakan aplikasi zoom.

Apabila menggunakan earphone terlalu lama biasanya para penggunanya suka mengeluh nyeri , iritasi dan infeksi pada telinga dalam tujuh hingga delapan bulan terakhir terus meningkat selama pandemi COVID-19, disebabkan penggunaan earphone dalam waktu yang lama.

Baca Juga: V BTS dan Alicia Keys Membuat Heboh Jelang Peluncuran Album BE, Akankah Kolaborasi?

Pandemi memaksa para profesional pekerja dan pelajar untuk melakukan tugasnya dari rumah. Para dokter pun mendapat peningkatan jumlah keluhan pasien yang menderita sakit telinga.

Dr. Shrinival Chavan, kepala departemen THT di rumah sakit J J, Mumbai mengatakan seseorang yang menggunakan earphone, earpod ataupun headphne lebih dari delapan jam akan membuat telinga stres apalagi jika earphone tersebut tidak pernah dibersihkan sehingga berisiko menyebarkan infeksi.

"Mendengarkan secara terus-menerus pada volume suara yang tinggi dalam waktu yang lama juga dapat melemahkan kemampuan mendengar," kata Dr. Shrinival Chavan dilansir Indian Express, Jumat.

Baca Juga: Menusuk Jiwa, Ikatan Cinta Bikin Baper, Aldebaran: Karena Cinta Itu Kata Hati

Jika kebiasaan ini tidak diubah, maka dapat menyebabkan kerusakan permanen pada telinga. Dr. Shrinival mentarakan kotoran di dalam telinga membunuh bakteri secara alami dan mencegah infeksi.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x