Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Kampung SBY, Bisa Mengairi 600 Hektar Sawah Warga

- 14 Februari 2021, 21:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Instagram @jokowi

BAGIKAN BERITA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tukul di Desa Tukul, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, Minggu 14 Februari 2021. 

Bendungan ini, menelan anggaran mencapai Rp916 miliar. Bendungan ini memiliki tipe tipe urugan random dan Zonal Inti Tegak, dengan panjang bendungan adalah 233 meter, lebar puncak bendungan 10 meter dan tinggi bendungan 74 meter. 

Sebagaimana diketahui, Pacitan, Jawa Timur merupakan kampung halaman Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Akan tetapi, SBY berasal dari di Tremas, Arjosari, Pacitan hanya berjarak 12KM dari Bendungan Tukul. 

Baca Juga: Lama Tak Muncul di YouTube, Uya Kuya dan Istri Ternyata Terpapar COVID-19: Gua Takut Meninggal!

Jokowi bersama rombongan terbatas lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.

Kemudian dari Sleman, rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi peresmian Bendungan Tukul dengan helikopter Super Puma TNI AU. 

Sebagaimana dikutip dari laman Setneg Bendungan via Pikiran-Rakyat.com, Tukul merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yang bertujuan menambah kapasitas tampungan air di wilayah sekitarnya sehingga suplai air irigasi akan tetap terjaga.

Dalam peresmian itu, turut serta pula di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Baca Juga: Anya Geraldine Tidak Rayakan Valentine: Valentine Bukan Budaya Kita, Budaya Kita Jagain Jodoh Orang

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x