Masjid Istiqlal Tidak Akan Gelar Sholat Idul Fitri, Begini Respon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

- 12 Mei 2021, 10:26 WIB
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal /Sumber Foto : Pikiran Rakyat/ Amir Faisol/

BAGIKAN BERITA - Masjid kebanggaan Indonesia, Istiqlal dipastikan tidak akan menggelar sholat Idul Fitri besok, Kamis 13 Mei 2021. 

Hal ini sesuai dengamln keputusan rapat para pengurus Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI). 

"Sesuai dengan keputusan dalam rapat, istiqlal tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri di tahun ini," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal sekaligus Ketua Harian BPMI KH Nasaruddin Umar di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa, 11 Mei 2021. 

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Cocok Untuk Menu Lebaran Idul Fitri Tahun 2021

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil simulasi serta koordinasi antara KH Nasaruddin Umar dengan Dewan Pengarah BPMI, yang anggotanya meliputi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Ketua MUI KH Miftachul Akhyar.

"Kami juga sudah melakukan simulasi dan koordinasi dengan Dewan Pengarah BPMI, maka keputusan ini kita ambil guna menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat dari penyebaran COVID-19," ujar KH Nasaruddin Umar.

"Mengingat Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara, 10 persennya dari kapasitas masjid bukan jumlah yang sedikit. Jika ada ribuan jamaah yang datang, nanti mereka pasti akan melewati tangga atau jalur yang sama, dan hal itu dikhawatirkan akan menjadi sebab terjadinya penyebaran virus Covid-19," tutur KH Nasaruddin Umar.

Baca Juga: Masyarakat Ekonomi Syariah Banten Dukung Bazar dan Festival Ramadhan 1442 H

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi Masjid Istiqlal yang tahun ini tidak melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah setelah mengambil pertimbangan bahwa penularan COVID-19 masih menjadi fokus perhatian.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x