Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil Kalahkan Prabowo Subianto dalam Survei Capres Favorit Milenial Versi CPCS

- 15 Juni 2021, 18:42 WIB
Kolase Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Kolase Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /

BAGIKAN BERITA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi teratas survei Calon Presiden (Capres) pilihan kauk milenial versi Center for Political Communication Studies (CPCS). 

Ganjar menempati posisi pertama, sementara Emil - sapaan Ridwan Kamil- berada di urutan kedua. 

Berbeda dari biasanya, yang menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo di urutan teratas survei Capres 2021, kali ini Prabowo berada di bawah Ganjar dan Emil. 

"Capres yang paling diunggulkan oleh pemilih milenial dan gen Z bukan figur Prabowo yang biasanya paling difavoritkan secara umum, tetapi lebih condong pada Ganjar dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo Tak Tertandingi, Jadi Capres Terkuat Mengungguli Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan AHY

Elektabilitas Ganjar bertengger di angka 17,7 persen, ditempel oleh RK sebesar 16,0 persen. Menyusul adalah Prabowo (12,8 persen), Anies Baswedan (7,6 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (7,3 persen).

Ganjar dan RK menikmati dukungan elektabilitas terbesar di antara pemilih milenial dan gen Z dibanding tokoh-tokoh yang lain, termasuk Prabowo.

Menurut Okta, tingginya elektabilitas Prabowo selama ini lebih banyak disumbang oleh pemilih generasi yang lebih tua.

Sementara itu, lanjut dia, perubahan demografi telah terjadi sejak Prabowo pertama kali berlaga pada Pemilu 2009, ketika berpasangan dengan Megawati. Berikutnya Prabowo dua kali menjajal sebagai capres pada 2014 dan 2019, tetapi kalah.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x