Terkait Jabatan Presiden 3 Periode, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah: Jauh dari Pandangan dan Sikap Politik PDIP

- 20 Juni 2021, 21:52 WIB
Ahmad Basarah, Ketua PA GMNI/ Wakil Ketua MPR RI
Ahmad Basarah, Ketua PA GMNI/ Wakil Ketua MPR RI /ANTARA/HO-Humas MPR RI/am/

BAGIKAN BERITA - Isu jabatan presiden tiga periode mencuat dari politikus senior pendiri Partai Ummat Amien Rais. 

Dalam tayangan Kompas TV, Senin 15 Maret 2021, Amien Rais mengatakan bahwa ada skenario mengubah ketentuan dalam Undang Undang Dasar 1945 soal masa jabatan presiden dari 2 periode menjadi tiga periode.

Dia mengatakan, perubahan ketentuan UUD 1945 akan digelar pada Sidang Istimewa Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) guna mengubah atau mengamendemen UUD 1945.

Baca Juga: Kawin Kontrak Resmi Dilarang, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Apresiasi Pemkab Cianjur

"Jadi, mereka akan mengambil langkah pertama meminta sidang istimewa MPR yang mungkin 1-2 pasal yang katanya perlu diperbaiki, yang mana saya juga tidak tahu," ujar Amien. 

Menanggapi isu tersebut, Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah secara tegas mengatakan bahwa PDI tak pernah berpikir ke arah sana. 

Menurut dia, gagasan tentang masa jabatan presiden ditambah menjadi 3 periode ini jelas jauh dari pandangan dan sikap politik PDIP. 

Baca Juga: Bukan Anies Baswedan, Kaum Milenial Lebih Suka Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil Jadi Calon Presiden 2024

"Isu tiga periode ini kalau kita lihat subjeknya (Jokowi) bolak-balik beliau sudah mengatakan tidak pernah berpikir bisa menjadi presiden tiga periode," kata Ahmad Basarah dalam peluncuran hasil survei nasional SMRC bertajuk "Sikap Publik Nasional terhadap Amendemen Presidensialisme dan DPD", yang dilakukan secara daring, di Jakarta, Minggu. 

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x