Niat dan Tata Cara Puasa Syawal Setelah Idul Fitri Tahun 2022, Lengkap dengan Artinya

- 30 April 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi bacaan niat Puasa Syawal
Ilustrasi bacaan niat Puasa Syawal /Pexels.com/ Faseeh Fawaz

BAGIKAN BERITA – Inilah niat puasa Syawal beserta tata caranya, lakukan setelah Idul Fitri dan dapatkan pahala yang luar biasa.

Idul Fitri selalu dirayakan dengan penuh suka cita oleh seluruh umat muslim, dengan datangnya hari kemenangan ini maka berakhir pula bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Saat Idul Fitri umat muslim sudah tidak diwajibkan lagi untuk puasa wajib, namun ada puasa sunah yang bisa dilakukan setelah Idul Fitri yang pahalanya tidak kalah besar dari menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Lengkap, Inilah Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Menjalankan Puasa Syawal Setelah Idul Fitri

Puasa yang dimaksud tersebut adalah puasa Syawal, puasa ini bisa dilakukan oleh umat muslim setelah Idul Fitri selama enam hari berturut-turut.

Meskipun hanya dijalankan selama enam hari, namun pahala yang akan didapat ketika kita menjalankan puasa Syawal adalah seperti puasa selama satu tahun lho.

Keutamaan ini pun tertulis dalam hadists yang berbunyi:

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, dia seperti berpuasa satu tahun penuh,” (HR. Muslim No.1164).

Baca Juga: 25 Kata Mutiara untuk Idul Fitri yang Bagus untuk Dijadikan Status Media Sosial

Luar biasa bukan pahala yang akan kita dapat, oleh karena itu meskipun puasa Syawal merupakan sunah namun sebisa mungkin kita bisa melaksanakannya agar bisa mendapat pahala yang luar biasa tersebut.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x