6 Cara Mudah Bangun Malam untuk Melakukan Sholat Tahajud

- 20 Desember 2023, 22:47 WIB
Hukum Orang yang Sedang Sholat Tapi Diganggu Kucing, Sah atau Tidak Sholatnya
Hukum Orang yang Sedang Sholat Tapi Diganggu Kucing, Sah atau Tidak Sholatnya /

BAGIKAN BERITA - Inilah 6 cara mudah bangun malam untuk melakukan sholat tahajud yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Waktu sholat tahajud yang dicontohkan Rasulullah SAW dilakukan setelah sholat Isya atau di malam selain bulan suci Ramadhan.

Adapun jumlah rakaat dalam sholat tahajud adalah 11 dan yang paling disarankan dilakukan pada sepertiga akhir malam.

Baca Juga: Tak Usah Panik Jika Doa Kita Belum DIkabulkan, Ini alasanya

Tak hanya itu, sholat yang sering dilakukan Rasulullah ini, memiliki manfaat yang sangat besar sekali, salah satunya adalah sebagai penghapus dosa, menenangkan jiwa, hingga untuk memohon doa agar terkabul dengan mudah.

Seperti diketahui, Melaksanakan sholat tahajud tidak mudah karena harus menahan perasaan malas dan ngantuk untuk bangun.

Namun hal itu bisa diatasi, dengan mengikuti 6 tips seperti disadur dari buku Melangkah ke Surga dengan Sholat Sunat karya Aam Amiruddin.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Santri 22 Oktober 2023, Sangat Pas Dipasang di Status WhatsApp dan Facebook

1. Menguatkan niat Kalau sudah berniat tetapi kebablasan, niat kita tetap akan dicatat sebagai ibadah. Abu Darda r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang akan tidur dan berniat hendak sholat malam, kemudian terlanjur terus tidur hingga pagi, maka dicatatlah niatnya sebagai satu pahala, sedangkan tidurnya dianggap sebagai karunia Allah yang diberikan kepadanya” (H.R. Nasa’i dan Ibnu Majah).

2. Menghindari maksiat di siang hari Orang yang berbuat dosa tidak akan diberi pertolongan untuk bangun malam. Sebaliknya, orang yang berbuat baik akan selalu diberi kemudahan untuk bangun malam untuk Tahajud.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x