Tak Usah Panik Jika Doa Kita Belum DIkabulkan, Ini alasanya

- 26 November 2023, 22:30 WIB
Ilustrasi seorang muslim sedang memanjatkan doa untuk mendapatkan pahala
Ilustrasi seorang muslim sedang memanjatkan doa untuk mendapatkan pahala /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Bagi umat muslim yang ada dimana pun, tak usah panik jika doa yang kita panjatkan belum dikabulkan, ini alasannya.

Setiap doa yang dipanjatkan seorang hamba kepada Allah SWT secara ikhlas sejatinya akan diijabah dalam waktu dan keadaan tertentu.

Maka, apabila doa tidak dikabulkan, Jangan Khawatir karena mungkin saja pengabulan doa tersebut ditunda beberapa tahun ke depan atau sampai hari kiamat.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Santri 22 Oktober 2023, Sangat Pas Dipasang di Status WhatsApp dan Facebook

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Dengan kata lain, manusia disebut sebagai makhluk yang selalu membutuhkan komunikasi sehingga para pakar komunikasi menyebutnya sebagai homo communicus.

Betulkah teori tersebut? Coba Anda renungkan. Jika Anda mempunyai masalah dan hal tersebut disampaikan (curahan hati atau curhat) kepada sahabat, apakah beban pikiran akan berkurang? Tentu saja ya, bahkan mungkin saja beban tersebut akan terselesaikan.

Begitulah pentingnya komunikasi antar personal (interpersonal communication) dalam kehidupan manusia.

Baca Juga: Gatot Wardoyo: Meditasi Menjadi Kebiasaan Setiap Hari

Lalu, apa hubungan komunikasi dengan doa? Doa adalah komunikasi yang dilakukan manusia dengan penciptaNya atau dikenal juga dengan istilah transcendental communication.

Dalam bahasa Arab, doa sering diterjemahkan dengan memanggil, meminta, atau mengajak. Lebih khususnya lagi, doa sering diartikan sebagai permohonan yang dipanjatkan oleh makhluk kepada Sang Pencipta atau dalam hal ini penulis menerjemahkannya sebagai curhat manusia kepada Allah.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x