Waspada! Siklon Tropis Seroja Berdampak Gelombang Ekstrem 6 Meter Terjang NTT, Lampung, Jabar, Jateng, Banten

- 5 April 2021, 08:36 WIB
Waspada! Siklon Tropis Seroja Berdampak Gelombang Ekstrem Lebih 6 Meter Akan Terjang NTT, Lampung, Bengkulu, Jabar, Jateng: BMKG Imbau Masyarakat Hati-hati
Waspada! Siklon Tropis Seroja Berdampak Gelombang Ekstrem Lebih 6 Meter Akan Terjang NTT, Lampung, Bengkulu, Jabar, Jateng: BMKG Imbau Masyarakat Hati-hati /Pixabay/UdoSchroeter/

BAGIKAN BERITA-Gelombang tinggi lebih dari 6 meter akan terjang Nusa Tenggara Timur (NTT) . Hal tersebut karena Siklon Tropis Seroja yang berdampak adanya siklon tropis Seroja.

Hal tersebut membuat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi akibat dampak siklon tropis Seroja yang berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggian ekstrem lebih dari enam meter.

"Siklon tropis Seroja di Perairan Kupang menyebabkan tinggi gelombang laut lebih dari enam meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan NTT," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, Senin.

Baca Juga: Innalillahi, Selamat Jalan Untuk Selamanya, Anggota DPD RI Fahira Idris Sampaikan Kakak Ibundanya Wafat

Baca Juga: Mengerikan, 22 Pasukan Keamanan India Tewas Usai Baku Tembak dengan Kelompok Bersenjata Maois

Lebih lanjut Eko Prasetyo menjelaskan bahwa Peringatan dini tersebut berlaku Senin 5 April 2021 pukul 07.00 WIB hingga Selasa 6 April 2021 waktu yang sama.

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah selatan umumnya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin 5-45 knot, "katanya.

Tidak hanya menyebabkan gelombang ekstrem di NTT, siklon yang berkembang pada Senin dinihari pukul 01.00 WIB tersebut juga menyebabkan gelombang laut dengan ketinggian 4-6 meter yang berpeluang terjadi di Perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan,perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Tengah, perairan Pulau Sawu, perairan Kupang-Pulau Rotte dan Laut Sawu.

Baca Juga: Selamat Jalan Untuk Selamanya, Pembawa Acara Semarak Indosiar Indra Bekti Ucapkan Kabar Duka Cita

Baca Juga: Turut Berduka Cita, Hidayat Nur Wahid Ucapkan Duka Cita atas Terjadinya Musibah Banjir Bandang di NTB

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x