Profil Ahmad Massoud, Tokoh Oposisi Afghanistan yang Paling Diburu Taliban

- 24 Agustus 2021, 11:08 WIB
Profil Ahmad Massoud, Tokoh Oposisi Afghanistan yang Paling Diburu Taliban
Profil Ahmad Massoud, Tokoh Oposisi Afghanistan yang Paling Diburu Taliban /instagram.com/ahmadmassoud_af/

BAGIKAN BERITA - Konflik di Afghanistan sepertinya tidak akan berakhir dalam waktu dekat, ketika Taliban mengerahkan pasukannya untuk memburu pimpinan oposisi Ahmad Massoud ke lembah Panjshir. Inilah profil Ahmad Massoud, tokoh oposisi yang paling diburu Taliban.

Penguasa Afghanistan ini, sangat berkepentingan untuk menyingkirkan Ahmad Massoud karena ia merupakan seorang pemimpin oposisi yang paling vokal untuk mengadakan perhitungan dengan Taliban.

Di Lembah Panjshir yang dikuasainya, Ahmad Massoud telah mengumpulkan pasukan yang terdiri dari sisa-sisa unit tentara reguler dan pasukan khusus serta milisi lokal, mereka sudah siap melawan Taliban jika diperintahkan.

Baca Juga: Mahasiswa Akan Dapat Uang Kuliah Tunggal Maksimal Rp2,4 Juta, Berikut Sasaran dan Cara Daftarnya

Pertanyaannya siapakah Ahmad Massoud yang berani secara terang-terangan melawan Taliban? berikut profil singkatnya.

Ahmad Massoud lahir di lembah Panjshir 32 tahun silam, merupakan anak dari Ahmad Shah Massoud, yang dikenal sebagai Singa Panjshir.

Ayahnya merupakan seorang pemimpin yang disegani ketika Uni Soviet menginvasi Afghanistan, Namun Ahmad Shah Massoud meninggal secara tragis dibunuh kelompok Al-Qaeda.

Ahmad Massoud, kini tinggal di Lembah Panjshir untuk menghimpun kekuatan, Lembah Panjshir sendiri adalah kawasan terjal dan berjarak 100 kilometer dari Kabul yang memiliki benteng alam dan sangat cocok untuk markas pertahanan.

Baca Juga: Kemenangan AC Milan atas Sampdoria pada Pertandingan Perdana Musim Ini

Kawasan tersebut, diapit menara batu khas pegunungan Hindu Kush dan sejak dahulu kala tempat tersebut sebagai benteng alam yang tidak bisa ditembus.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Reuters AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x